UMK Tidak Naik, Dewan Pengupahan Badung Bisa Menerima

0
151

MANGUPURA –  Dewan Pengupahan Kabupaten Badung bisa merima kebijakan pemerintah, terkait tidak ada kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) pada tahun 2021. Hal itu sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan, yang ditujukan kepada Gubernur se-Indonesia. Surat Edaran Nomor M/11/HK.04/2020 ini mengatur tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2021 pada Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Anggota Dewan Pengupahan Badung dari unsur Serikat Pekerja Wayan Suyasa, yang dikonfirmasi, Selasa (05/11/2020), menyatakan bisa memahami dan menerima kebijakan pemerintah yang tidak menaikkan upah minimum kabupaten (UMK) tahun ini.

“Ya bagaimana lagi, situasinya seperti ini dan dunia usaha tengah dalam kondisi sangat sulit. Kita sangat bisa memahaminya,”kata Suyasa ditemui usai menerima utusan Disnaker Badung di ruang kerjanya DPRD Badung.

Kalaupun UMK naik, lanjut Suyasa yang juga Wakil Ketua DPRD Badung ini, sementara dunia usaha jalan di tempat, tentu saja tak ada artinya. Prinsip, unsur SP bisa menerima kebijakan UMK tetap ini. Dengan kondisi seperti sekarang ini, banyak pekerja yang dirumahkan, bahkan ada yang di-PHK, UMK tetap menurutnya, sudah patut disyukuri.  Jika nanti kondisi ekonomi sudah pulih, kata Ketua Federasi Serikat Pekerja (FSP) Bali  Kabupaten Badung tersebut, pihaknya akan memperjuangkan kenaikan UMK. Dia pun berharap dunia usaha kembali normal.

Sementara itu secara terpisah Kepala Disperinaker Badung Ida Bagus Oka Dirga yang dikonfirmasi, Kamis (05/11/2020) tak menampik jika UMK Badung tahun 2021 tidak ada perubahan. Bahkan katanya SE Menteri Ketenagakerjaan tersebut ditujukan kepada gubernur untuk menyampaikan kepada bupati dan Wali kota di wilayahnya.

 “Jadi di tahun 2021 tidak ada kenaikan UMK. Itu artinya UMK Badung tetap besarannya dengan tahun ini,” katanya.

Untuk UMK tersebut, pihaknya mengaku sudah melakukan pembahasan dengan dewan pengupah kabupaten  Badung. Sehingga besaran  UMK di Kabupaten Badung tetap yakni Rp 2.930.092,64. (lit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here