Umum

Dishub Tabanan Cek Kelaikan Angkutan Mudik Lebaran 2024

TABANAN – Jelang mudik lebaran 2024, Dinas Perhubungan Kabupaten Tabanan melakukan pengecekan kelayakan atau kelaikan kendaraan atau rampcheck seluruh armada angkutan mudik. Program rutin ini diinstruksikan Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas IIA Bali ini untuk memberikan jaminan keselamatan pada para penumpang.

Seperti di Terminal Pesiapan, Tabanan Rabu (27/3/2024). Sejumlah Bus Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang masuk ke area terminal langsung dicek petugas. Petugas menanyakan kelengkapan admistrasi seperti STNK, Keur serta kondisi kendaraan. Sebelumnya, pemeriksaan juga telah dilakukan dengan mendatangi kantor atau PO Bus yang ada di Tabanan.

Kasi Angkutan Dinas Perhubungan kabupaten Tabanan, Dewa Nyoman Arsa Dyana, menjelaskan, pemeriksaan ini dilakukan mengingat arus mudik Lebaran hanya tinggal menghitung hari. Tujuannya, memastikan semua armada yang digunakan untuk angkutan mudik layak jalan, memenuhi unsur administrasi dan unsur teknis.

“Ini kegiatan rutin menjelang Lebaran yang diinstruksikan Balai Pengelola Transportasi Darat. Hasilnya sejauh ini semua sudah lengkap, pengusaha angkutan sudah mempersiapkan kelengkapan armadanya,” jelasnya.

BACA JUGA:   Kesbangpol Buleleng Antarkan 1 Capaskibrakanas dan 9 Capaskribraka Bali

Pemeriksaan yang dilakukan meliputi mengecek kelengkapan surat kendaraan, kemudian kondisi fisik armada mulai dari kelayakan mesin hingga tempat duduk para penumpang.

“Kami mengecek kelengkapan perjalanan mereka seperti ban cadangan, pemecah kaca, surat laik jalan termasuk surat kelengkapan kendaraan seperti SIM dan STNK,” pungkasnya.(jon)

Back to top button