Tepergok Bobol ATM, Donatus Besin Pura-pura Gila

0
207
Direktur Reskrimum Polda Bali Kombes Ary Satriyan beberkan penangkapan pembobol ATM, Fransiskus Donatus Besin.
Direktur Reskrimum Polda Bali Kombes Ary Satriyan beberkan penangkapan pembobol ATM, Fransiskus Donatus Besin.

DENPASAR – Ada-ada saja kelakuan pelaku pencurian Fransiskus Donatus Besin (22). Saat tepergok membobol ATM BPD di Jalan Raya Canggu, Banjar Aseman Kawan, Tibubeneng, Kuta Utara, Badung, pria asal Belu, NTT itu pura-pura gila.

Direktur Reskrimum Polda Bali Kombes Ary Satriyan mengungkapkan, percobaan pencurian dilakukan pelaku pada Selasa 31 Agustus 2021 sekitar pukul 05.00 WITA. “Dia beraksi seorang diri merusak gembok rolling door dan memecahkan pintu kaca Bank BPD Kas Canggu,” ungkapnya, Jumat 10 September 2021.

BACA JUGA:   Tim Menembak PON Bali Rubah Target Jadi 3 Emas

Bermodalkan sebuah besi, Fransiskus Donatus Besin berupaya membongkar mesin ATM. Namun, keinginannya bisa membawa kabur banyak uang sia-sia. “Di saat melakukan aksinya, salah seorang karyawan BPD datang dan memergokinya,” ujar Satriyan.

Pelaku pun bertingkah layaknya orang gila dengan menempel seluruh wajahnya memakai stempel kemudian berjalan keluar hingga berhasil kabur mengendarai motor Mio tanpa plat nomor.

Karyawan yang curiga memberitahu pimpinannya kemudian lapor polisi. Tim Resmob Direktorat Reskrimum Polda Bali yang melakukan penyelidikan mengetahui pelaku kos di wilayah Kuta Utara. “Saat kami ke kosnya, pelaku pulang ke kampung halamannya. Kami langsung mengecek manifest penumpang di Pelabuhan Benoa dan diketahui dia berangkat menuju Kupang, NTT,”bebernya.

BACA JUGA:   Mantan Wakil Ketua DPRD Bali IB Sukarta Berpulang

Pada Kamis 9 Septmber 2021, kapal yang ditumpangi pelaku transit di Bima, NTB dan petugas langsung menangkapnya. “Pelaku yang diinterogasi tak hanya beraksi di ATM BPD, tapi pernah juga membobol salah satu sekolah di Denpasar pada 2 September 2021 dan mencuri di salah satu vila di kawasan Ubud, Gianyar pada 28 Agustus 2021,” tandas Satriyan. (dum)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × 1 =