DaerahKlungkungPolitikTerkini

Pilkada Klungkung, Satria-Tjok Surya Tancap Gas Galang Massa

Ida Bagus Ketut Arimbawa bersama relawan siap mendukung pasangan Made Satria-Tjok Surya

KLUNGKUNG – Jadwal masa kampanye Pilkada serentak 2024 cukup singkat. Namun kandidat sudah lebih dulu start turun menggalang massa.

Pasangan Made Satria-Tjok Surya yang disebut-sebut dipersiapkan PDIP untuk tarung Pilkada Klungkung 27 November 2024, sudah langsung tancap gas. Meski belum resmi mengantongi rekomendasi dari DPP PDIP, tapi relawan sudah bergerak cepat.

Kalau Made Satria mencoba mengumpulkan kekuatan (dukungan)lewat pendekatan ke sejumlah pimpinan partai politik, beda dengan Tjokorda Gde Surya Putra. Tokoh Puri Klungkung ini mencoba merangkul kekuatan melalui relawan.

Tjok Surya panggilan akrabnya tampak berada di tengah para relawan Ida Bagus Ketut Arimbawa, kumpul di Griya Buda Desa Tusan,Kecamatan Banjarangkan, Kamis (11/7/2024) siang. Ida Bagus Ketut Arimbawa merupakan kader PDIP yang sukses terpilih sebagai calon anggota DPRD Klungkung hasil Pemilu 2024 dengan suara cukup besar.

Ida Bagus Ketut Arimbawa sekaligus salah satu kader PDIP yang memotori gerakan agar Tjok Surya bisa masuk sebagai kandidat calon wakil bupati (Cawabup) mendampingi Made Satria.

Acara yang dibalut silaturahmi itu menunjukkan bagaimana Tjokorda Gde Surya Putra dekat dengan para relawan. Yang bersangkutan saat dikonfirmasi menyatakan pertemuan itu tidak ada membicarakan agenda pilkada.

BACA JUGA:  Kalaksa BPBD Bali Pimpin Rapat Tikor Pencegahan dan Pengendalian Zoonosis dan Penyakit Infeksius Baru

“Saya diundang oleh Gus Tut (Ida Bagus Arimbawa) ada acara seperti ini,makanya saya datang,”kata Tjok Surya.

Tjok Surya juga tidak mau bicara banyak soal Pilkada, ia menyerahkan kepada Ida Bagus Arimbawa memberikan pernyataan kepada media. Pun Tjok Surya menolak diambil gambarnya saat bersama para relawan.

“Cukup Gus Tut aja yang sampaikan (bicara). Kalau dari saya sudah cukup seperti yang kemarin.Nanti kalau sudah pasti (dapat rekomendasi) barulah,” katanya.

Sementara,Ida Bagus Ketut Arimbawa mengatakan dirinya bersama relawan sudah mulai turun menggalang dukungan untuk pasangan Made Satria-Tjok Surya. Ida Bagus Arimbawa mengklaim sudah ada 135 dadia (kelompok pengempon pura) se Kecamatan Banjarangkan sudah siap menyatakan mendukung Tjok Surya.

Belum lagi ada tokoh masyarakat, kelian banjar, pemangku, kata dia hampir setiap hari datang ke rumahnya menyatakan siap mendukung.

“Sejak awal tiang (saya) minta kalau ada dari puri (Puri Klungkung) yang maju. Pertanyaannya siapa yang akan maju, saya minta Tjok Surya. Karena tiang sejak lama berteman dengan beliau. Beliau itu orangnya empati, dekat dengan masyarakat, jauh dari kesan feodal. Itu sosok beliau dimata tiang. Tiang akan berjuang allout untuk beliau,” ujar Ida Bagus Arimbawa.

BACA JUGA:  BNN Bongkar Clandestine Lab "Zombie" di Gianyar

Sejak pertama kali nama Tjok Surya ‘dilempar’ di media sosial, menurut Ida Bagus Arimbawa, ia sudah berhasil mengumpulkan dukungan 114 dadia.

“Sekarang sudah menjadi 135 dadia. Kemarin saja saya mengadakan acara di geria yang datang jumlahnya mencapai 200 orang. Itupun saya sudah batasi, kalau tidak bisa sampai ke jalan,”imbuh Arimbawa.

Meski demikian Ida Bagus Arimbawa menegaskan dirinya tetap menghormati keputusan partai dan menunggu rekomendasi DPP.

Sementara itu, Made Satria juga tidak tinggal diam. Setelah mendaftar ikut proses penjaringan di Partai Golkar, Satria politisi asal Banjar Sental Kangin, Desa Ped, Nusa Penida bertemu dengan Koalisi Nawasena, Rabu (10/7/2024) di salah satu tempat di wilayah Kabupaten Gianyar.

Satria menyatakan, dirinya fokus menjalin komunikasi politik dengan para pimpinan parpol di Kabupaten Klungkung. Seperti diberitakan sebelumnya, pasangan Satria-Tjok Surya kabarnya sudah mendapat restu dari Ketua DPD PDIP Wayan Koster. Sementara, paket Satria-Tjok Surya satu-satunya yang akan dipersiapkan bakal diusulkan mendapat rekomendasi dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri. (yan)

Back to top button