EkonomiTabananTerkini

 Harga Beras Tembus Rp 16 Ribu per Kilogram di Tabanan

 

TABANAN – Harga beras khususnya beras jenis medium di Tabanan terus  merangkak naik menjelang Hari Raya Galungan, Kuningan dan  Nyepi. Bahkan kini harga beras tembus di angka Rp 16 Ribu per kilogram. Hal tersebut berdasarkan data hasil pemantauan harga  di beberapa pasar  di Tabanan yang dilakukan Dinas  Perindustrian dan Perdagangan (Perindag),  Senin (12/2/2024).

Kepala Disperindag Kabupaten Tabanan Ni Made Murjani ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya rutin melakukan  pemantauan harga-harga kebutuhan pokok. Dikatakan, dari hasil pemantauan yang dilakukan di beberapa pasar, ada beberapa komoditas harganya naik, namun ada pula yang turun.

BACA JUGA:  Sekda Gede Susila Soft Openning AGRO EXPO KTNA 2024

“Secara umum stok  kebutuhan pokok di Tabanan mencukupi terutama menjelang hari raya ini, memang ada komoditas yang  harganya naik dan ada yang turun,” ungkapnya.

Dari pemantauan khususnya harga beras, Kata Murjani,  masih bervariasi. Namun kini harga beras jenis medium sudah menyentuh harga Rp 16 Ribu per kilogram  seperti pemantauan di Pasar Dauh Pala, Bajera dan Kediri. Di pasar  Kerambitan masih seharga Rp 14 Ribu per kilogram dan di pasar Baturiti Rp 15 Ribu per kilo. Sementara untuk beras jenis super sudah menyentuh  harga Rp 17 Ribu  per kilogram.

“ Harga beras memang mengalami kenaikan, tetapi stok masih aman,” katanya lagi.

Lain lagi dengan harga daging babi, masih bervariasi dikisaran harga Rp 75-85 Ribu per kilogram. Telur diharga Rp 50-55 Ribu per krat. Harga Daging Ayam ras  atau ayam potong  juga bervariasi mulai dari Rp 38-40 Ribu per kilogram.

“Harga kebutuhan pokok lainnya masih relatif stabil dan stok masih memadai, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir,” ucapnya. (jon)

Back to top button