Disemprot Damkar, Drainase di Sebatu Bebas Bau

0
52
BPBD kerahkan damkar menyemprot limbah pada drainase di Desa Sabatu, Kamis 10 Juni 2021.

GIANYAR – BPBD Gianyar mengerahkan armada pemadam kebakaran untuk menyemprot limbah di drainase (got) yang mengeluarkan bau busuk di Desa Sebatu, Gianyar, Kamis 10 Juni 2021.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar I Gusti Ngurah Dibya Prasesta mengatakan, drainase yang dibersihkan sepanjang kurang lebih satu kilometer. Penyemprotan limbah rumah tangga termasuk sampah menggenang diarahkan ke hilir. “Selama penyemprotan tidak ada kendala dan sekarang sudah lancar lagi,” katanya.

BACA JUGA:   ABG Bunuh Teller Bank Mandiri Terima Vonis Hukuman 7,5 Tahun

Ia berpesan kepada warga setempat apabila terjadi mampet agar secara swadaya mengeluarkan air untuk melakukan penyemprotan serta pengerukan. “Sebenarnya ini bukan tupoksi BPBD, tapi karena ada pengerjaan proyek irigasi dari Dinas PU, kami perbantukan. Ini juga sebagai antisipasi agar jangan sampai genangan limbah menimbulkan penyakit seperti demam berdarah,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Ketua KPU Karangasem Resmi Lengser,Tunjuk Ngurah Maharjana Sebagai Plt Ketua

Camat Tegalalang I Komang Alit Adnyana berharap pembuangan limbah rumah tangga tidak langsung ke drainase. “Saya berharap masyarakat membuat bak penampungan limbah padat sehingga hanya limbah cair saja yang keluar,” ujar Alit Adnyana.

Seperti diwartakan, kondisi drainase (got) di Banjar/Desa Sebatu, Kecamatan Tegalalang, Gianyar, kumuh. Limbah rumah tangga seperti air sabun mandi dan sisa makanan menggenang. Warga setempat dibantu TNI sempat gotong royong menghilangkan aroma busuk menggunakan cairan eco enzim. Namun, upaya itu tak membuahkan hasil karena adanya timbunan limbah baru. Selama ini, limbah rumah tangga hanyut melalui saluran irigasi. Namun, saat ini saluran irigasi mengering. (jay)

BACA JUGA:   Jegog Mebarung Menggema di Dunia Maya, Bius Penonton "Mebalih Uli Jumah"

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here