21 Juta Lansia Masuk Target Vaksinasi Tahap Dua

0
93
Karumkit Tk.II Udayana Kolonel Ckm dr. I Made Putra Yukti Mardayasa mengikuti vidcon vaksinasi Covid-19 dipimpin Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Denpasar – Kodam IX/Udayana mengikuti rapat mingguan melalui vidcon terkait monitoring pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 dipimpin Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Senin 15 Februari 2021.

Mengawali rapat, Budi Gunadi Sadikin berharap antara pertengahan atau akhir Juni 2021 bisa menyelesaikan vaksinasi tahap kedua untuk 38 juta orang terdiri dari lansia 21 juta orang dan petugas publik sekira 17 juta orang.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, vaksinasi hanya dilaksanakan di rumah sakit maupun puskesmas. Karenanya, untuk pencapaian target 38 juta orang maka akan ditambah dengan beberapa metode lain seperti TNI, Polri, Wakil Rakyat atau Pejabat Negara. Nantinya, vaksin diberikan ke masing-masing institusi kemudian bisa membantu menyuntikkan sendiri. “Karena seperti TNI/Polri itu cukup banyak anggotanya dan memiliki tim kesehatan sendiri sehingga bisa jauh lebih efektif dan efesien pelaksanaannya sesuai lokasi yang mereka tentukan,”katanya.

Selain itu, juga akan dibuka vaksinasi massal di tempat yang telah ditentukan. “Kita undang mereka untuk datang ke sana atau bisa juga dengan tim vaksinasinya datang ke tempat-tempat yang memang orangnya banyak seperti pasar atau tempat publik lainnya sehingga orang yang datang setiap hari disana bisa untuk di vaksin. Jadi, keempat metode ini yang akan dilakukan untuk mencapai target pada periode kedua ini,”jelasnya.

Budi Gunadi Sadikin berharap seluruh pemerintah daerah secepatnya menyelesaikan vaksinasi untuk tenaga kesehatan karena vaksinasi tahap kedua akan segera dimulai.

Ditargetkan 1,46 juta tenaga kesehatan sudah menerima dosis kedua vaksinasi sebelum 21 Februari 2021. Melalui rekomendasi dari Indonesian Technical Advisory Group on Immuunization (ITAGI) memberikan kesempatan yang luas untuk orang dapat divaksinasi dan terlindungi dari Covid-19. (dum)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here