Pohon Beringin Tua Tumbang, Bale Agung Rata Jadi Tanah

0
40
Bale Agung Pura Gria di Dusun Sebulub Desa Bungamekar,Nusa Penida hancur tertimpa pohon beringin

KLUNGKUNG- Bencana pohon tumbang terjadi di Nusa Penida. Sebuah pohon beringin tua, umurnya diperkirakan lebih dari 100 tahun, tumbang menimpa bale agung Pura Gria, di Dusun Sebuluh,Desa Bungamekar.

Peristiwa itu diperkirakan terjadi Rabu (3/2/2021) pukul 03.00 wita dini hari. Untungnya saat kejadian tidak ada warga yang ‘mekemit’ (berjaga) di dalam pura.

Perbekel Desa Bungamekar, Wayan Yasa menyampaikan, sebelum kejadian sempat turun hujan disertai angin kencang. Tapi situasi itu tidak berlangsung lama. ” Hujan dan angin kencang, tapi tidak terlalu lama. Karena pohon beringin itu sudah tua dan lapuk, tumbang menimpa bale agung Pura Gria,” ungkap Wayan Yasa seraya mengatakan, bangunan bale agung rusak parah bahkan rata dengan tanah.

“Sampai pondasinya hancur,” kata Wayan Yasa. Petugas BPBD sudah membersihkan ranting pohon beringin tersebut. Akibat kejadian itu, kerugian diperkirakan mencapai Rp 200 juta lebih.

Paska peristiwa itu, rencananya pihak pengempon akan menggelar ritual guru piduka bertepatan dengan pujawali di pura setempat. (yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here