Tokoh Pasek Tartar Wayan Sendra Berpulang, Getol Tanamkan Sesana Kepasekan

0
516
Sekretaris Pusat Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) Wayan Winatha (baju putih tengah) saat melayat ke rumah duka di Banjar Poyan, Luwus, Baturiti

TABANAN – Tokoh Pasek Tartar Wayan Sendra dari Banjar Poyan, Luwus, Baturiti, Tabanan telah berpulang untuk selama-lamanya. Selain ketokohannya sebagai warga Pasek, juga getol memberikan pemahanan dan pengetahuan kepada warga Pasek dan paiketan semetonan dari tingkat keluarga, keluarga besan di Paibon dan keluarga di tingkat Dadia untuk terus melaksanakan sesana Kepasekan khususnya pada Catur Swadarmaning Pasek.

Hal itu disampaikan Sekretaris Pusat Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) Wayan Winatha bersama staf Sekretariat saat melayat ke rumah duka di Banjar Poyan, Desa Luwus, Baturiti Tabanan, Minggu (31/1/2021). Kedatangan Sekjen Wayan Winatha bersama staf Sekretariat diterima putra almarhum Dr. Drs. Wayan Catra Yasa, MM

Sekjen MGPSSR Pusat Wayan Winatha mengatakan, ketokohan almarhum dalam paiketan pasemetonan telah diturunkan kepada putranya Wayan Catra Yasa yang juga getol menjalankan Catur Swadharma Kepasekan bukan hanya pada keluarga besar di Bali tetapi juga di Kepulauan Riau.

“Keluarga almarhum bukan saja kita kenal ketokohannya sebagai warga Pasek di Bali melainkan di Kepulauan Riau juga sangat getol memberikan pemahaman tentang agama bukan saja kepada semeton Pasek tetapi kepada Umat Hindu di Kepulauan Raiu,” ujarnya sembari menambahkan pelaksanaan upacara ngaben akan dilaksanakan pada 2 Pebruari 2021 besok.

Keluarga almarhum banyak bercerita tentang perjuangan almarhum membangkitkan semeton Pasek di wilayahnya. Termasuk putranya Wayan Catra meski berada di luar Bali (transmigran Industri,red) di kepulauan Riau juga getol membangkitkan semeton warga Pasek melaksanakan sesane kepasekan. Salah satu sesana Kepasekan yang kita kenal dengan Catu Swadharmaning Semeton Pasek . Pertama, Astiti ring Widhi Wasa, Kedua, Bhakti ring Bhatara Kawitan, Ketiga Eling dengan Bhisama Betara Kawitanan dan Keempat Guyub ring Pasemetonan. Sampai saat ini beliau masih dipercaya sebagai Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) di Kepulauan Riau.

“Selain sebagai Ketua PHDI Kepulauan Riau, beliau (Wayan Catra,red) juga dipercayakan oleh semeton di Kepulauan Riau sebagai Ketua MGPSSR Kepri,”bebernya.

Sementara Wayan Catra Yasa mengatakan, keberadaan Warga Pasek di Kepri sampai saat ini sudah lebih dari 800 jiwa. Menurutnya, hubungan pasemeton warga Pasek dengan semua warga umat Hindu di Kepri sangat harmonis dan terus dipupuk berkelanjutan. Sehingga keberadaan Umat Hindu bersama semeton Pasek diajak bersama-sama menjadi pengempon Pura Agung Amertha Bhuana Batam.

Dalam kesempatan tersebut, sebagai Sekjen MGPSSR Pusat Wayan Winatha berharap Wayan Catra Yasa mampu memberikan pembinaan dalam SDM umat Hindu termasuk semeton harus terus ditingkatkan. Terlebih lagi sudah pernah menghadirkan Ida Pandita Mpu Acharyananda ke Kepri guna memberikan pencerahan kepada Umat dan dipastikan dapat diterima semua umat.

Winatha menambahkan, hal ini perlu dilakukan guna menjawab tantangan dan harapan diera revolusi Industri 4.0 melalui pebekalan pelatihan-pelatihan.

“Saya berharap, kepercayaan semeton dan seluruh Umat Hindu di Kepri yang diberikan kepada Wayan Catra Yasa mampu diemban guna mewujudkan terpeliharanya hubungan dan ikatan pasemeton gilik seguluk selunglung sebayantake, saling asah, asih asuh menyambraya,” pungkasnya. (arn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here