PeristiwaTabananTerkini

Tebang Pohon Ketapang, Jalur Denpasar- Gilimanuk Macet Parah

TABANAN – Kemacetan parah terjadi di jalur Denpasar – Gilimanuk mulai dari Kapal, Badung sampai di  Jalan By Pass Soekarno Tabanan, , Senin (8/7/2024) pagi. Rupanya ada pemotongan pohon perindang yang membahayakan di sekitar Banjar Abiantuwung Kelod, Abiantuwung , Kediri.

Pemotongan pohon perindang jenis Ketapang berdiameter 1,5 Meter dan tinggi 12 Meter tersebut dilakukan pihak Dinas Lingkungan Hidup dibantu BPBD Tabanan. Pemotongan dimulai  pukul  08.00 Wita  sampai  sekitar pukul  11.00 Wita. Pasalnya, pohon ditebang ke arah jalan sehingga menutup jalur dari kedua arah.

Kondisi ini  membuat kemacetan parah di jalur Denpasar-Gilimanuk. Apalagi pada jam-jam tersebut  kepadatan kendaraan baik sepeda motor, kendaraan kecil dan besar sedang sangat tinggi. Akibatnya kemacetan sudah terjadi mulai dari Kapal, Badung sampai di jalan By Pass Sukarno di Tabanan. Setelah semua batang pohon dan dahan serta rantingnya bisa dievakuasi, kondisi lalu lintas berangsur-angsur normal.

Kalaksa BPBD Tabanan I Nyoman Srinadha Giri ketika dikonfirmasi mengatakan penebangan dilakukan karena pohon tersebut  rawan tumbang dan sangat membahayakan pengguna jalan. Pasalnya, pohon yang ada di timur jembatan tersebut cukup besar, tinggi dan sudah miring ke arah  jalan.

BACA JUGA:  Pj Bupati Buleleng Pastikan RTRW Buleleng 2024-2044 Akomodir Masukan Masyarakat

“Awalnya rencananya hanya pemangkasan, melihat kondisi yang ada, akhirnya diputuskan ditebang karena sangat membahayakan. Apalagi saat ini musim angin kencang dan dan disertai hujan  sehingga sangat rawan tumbang,” jelasnya. (jon)

Back to top button