BudayaKlungkungNasionalPariwisataTerkini

Menteri Sandiaga Salahuddin Uno Bakal Disuguhkan Makanan Khas Raja Klungkung Saat Festival Semarapura

Rapat persiapan pelaksanaan Festival Semarapura ke-6.foto /istimewa

KLUNGKUNG – Pemkab Klungkung bakal menggelar Festival Semarapura ke-6 bertepatan dengan Hari Puputan Klungkung ke-116. Festival bakal berlangsung selama 4 hari sejak Minggu (28/4/2024) hingga Rabu (1/5/2024).

Festival Semarapura tahun 2024 ini rencananya bakal dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno didampingi Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya.

Persiapan sudah dibahas matang dan memasuki final pada rapat yang dipimpin Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika,Selasa (23/4/2024) di ruang rapat Praja Mandala.

Baca juga : Tunnel Bantuan Kemensos Rusak Parah Petani Garam di Kusamba Tidak Bisa Produksi

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Klungkung selaku ketua koordinator pelaksana, I Ketut Suadnyana menyampaikan festival diantaranya akan dimeriahkan dengan berbagai pementasan seni seperti  pementasan Tari Lawang Balingkang.

BACA JUGA:   Aman Pak ! Baik-Baik Saja ! Tahu-Tahunya Putu Satria Tewas Dihajar Senior.

Selain penampilan tari-tarian, fashion show dan kesenian, festival ini juga diisi pameran ekraf, pemberdayaan UMKM dan kuliner. Tidak hanya itu, festival juga akan dimeriahkan oleh artis-artis pop Bali diantaranya Margi, Dek Arya, Tika Pagraky, Wira Krisna, Leeyonk Sinatra, Alien Child dan artis nasional Marcello Tahitoe (Ello).

Kadis Pariwisata Klungkung Ni Made Sulistiawati, pada pembukaan festival juga akan diadakan gala dinner kepada tamu VVIP termasuk direncanakan Sandiaga Salahuddin Uno juga bakal diikutkan gala dinner. Menariknya,menu yang akan dihidangkan adalah makanan raja tempo dulu.

Baca juga : Dalam Satu Setengah Bulan, Polres Klungkung Ungkap 5 kasus Narkoba 7 Tersangka

“Ini juga sekaligus bentuk promosi kami, bahwa Kabupaten Klungkung juga punya makanan khas raja-raja tempo dulu. Agar kita tidak hanya mendengar makanan raja khas daerah lain, Klungkung juga punya (makanan khas raja),” tandas Sulistiawati dikonfirmasi, sore kemarin.

BACA JUGA:   Lawang Balingkang Kisah Asmara Berakhir Tragis Awal Lahirnya Akulturasi Budaya Bali -Tiongkok

Terlebih kata Sulistiawati,Festival Semarapura sudah masuk dalam kalender Kharisma Event Nusantara (KEN) dari Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif, segala sesuatunya mesti dipersiapkan dengan matang.

“Karena akan dinilai juga oleh Kementerian, mulai dari kantong-kantong parkir, keamanan kami persiapkan dengan baik,” kata Sulistiawati.

Sementara Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika meminta jajaran OPD terkait bersinergi dengan TNI/Polri agar pelaksanaan kegiatan festival ini dapat berjalan dengan lancar, aman. Hal yang paling penting diperhatikan kata dia, masyarakat bisa menjaga kebersihan lingkungan dengan sebaik-baiknya.

“Sehingga Kota Klungkung yang kita cintai ini tetap dalam suasana yang bersih dan sejuk. Mari jaga kerjasama dan koordinasi yang baik sehingga kegiatan Festival Semarapura ini dapat berjalan lancar, aman dan damai,” harap Pj Bupati Jendrika. (yan)

Back to top button