Badung Gencarkan Penertiban Penduduk Pendatang Hingga ke Desa dan Kelurahan

0
146
Satpol PP Badung mulai gencarkan sidak penduduk pendatang

MANGUPURA – Paska pemeriksaan administrasi kependudukan di Terminal Mengwi, Sat Pol PP Badung kini mengencarkan sidak penduduk pendatang ke desa dan kelurahan. Puluhan desa telah melakukan kegiatan sidak, hasilnya sebagian besar penduduk non permanen telah memiliki KTP elektronik.

Kasatpol PP Badung I Gst Agung Ketut Suryanegara saat dikonfirmasi Selasa (24/5/2022), mengatakan sidak penduduk pendatang hingga ke desa-desa, bekerjasama dengan aparat desa dan kelurahan ini merupakan rangkaian dari penertiban di Terminal Tipe A Mengwi.

“Seperti rencana awal, setelah penertiban penduduk di pintu masuk, yakni di Terminal Mengwi, sidak akan dilanjutkan ke desa-desa,” katanya.

Dijelaskannya, penertiban penduduk pendatang ini sepenuhnya diserahkan ke Lurah atau Perbekel. Pihaknya, hanya mendampingi setiap dilaksanakan sidak. Tim yustisi yang terlibat dalam setiap sidak desa minimal lima orang. Tim yang dilibatkan adalah Satpol PP yang bertugas atau Bantuan Kendali Operasi (BKO) di setiap kecamatan.

“Untuk Satpol PP yang terlibat disesuaikan dengan desa yang menyelenggarakan. Kalau barengan pada hari yang sama minimal 5 orang yang ikut,” ungkapnya.

Lebih jauh diterangkan, desa yang telah melalukan penertiban penduduk mencapai 20an desa, kecuali desa yang tengah mengadakan pilkel, dan Kelurahan yang telah mengadakan sidak.

Dari hasil sidak penduduk non permanen rata-rata sudah punya KTP elektronik, cuman belum lapor kepada kaling atau kelian dinas.

“Kami hanya memberikan peringatan kepada penanggung jawab atau tempat mereka tinggal,” paparnya.

Disebutkan, mengacu kepada Perda 7 Tahun 2016 tentang Ketertiban Umum Dan Ketenteraman Masyarakat, masyarakat yang datang ke wilayah Badung tanpa identitas dan tujuan jelas dapat ditipiring. (lit/jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

thirteen + 13 =