Mesin Perahu Mati, Nelayan Antiga Belasan Jam Terombang Ambing di Lautan Lepas

0
121
I Nyoman Sudi nelayan asal Antiga yang dilaporkan hilang berhasil ditemukan tim gabungan Basarnas dalam kondisi selamat

KARANGASEM—Kelompok Nelayan Desa Antiga, Kecamatan Manggis, Karangasem panik. Pemicunya seorang teman mereka bernama Nyoman Sudi dilaporkan hilang saat sedang berlayar menangkap ikan dari perairan Labuan Amuk.

Kepanikan keluarga dan kelompok nelayan Antiga sirna, menyusul korban ditemukan Tim Basarnas di perairan Pulau Sepatu Nusa Penida dalam kondisi selamat, Senin (10/1/2022).

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Basarnas Karangasem, I Gusti Ngurah Eka Widnyana, mengatakan, korban berlayar menangkap ikan menggunakan jukung di perairan Labuan Amuk Karangasem, Minggu (9/1/2022) sekitar pukul 17.00 WITA.

“Informasi ada nelayan hilang sudah kami dapatkan Minggu pukul 22.00 WITA, tapi pencarian baru bisa kami lakukan tadi pagi (kemarin). Setengah hari pencarian dilakukan korban berhasil kita temukan di perairan Pulau Sepatu Nusa Penida dalam kondisi selamat,” terang Eka Widnyana.

Dikatakan, sebelum tim Basarnas melakukan pencarian, pihak keluarga dan nelayan Antiga sudah melakukan pencarian pada pada Minggu malam. Tapi pencarian korban selama satu jam tidak membuahkan hasil

“Korban sempat dicari selama sejam, tapi tak ditemukan. Dan pencarian dilanjutkan paginya bersama kami. Saat berlayar menangkap ikan, korban tumben tidak membawa HP dan lampu maupun senter. Ini juga membuat kami sulit menghubungi,” terang Eka Widnyana.

Saat pencarian di perairan Nusa Penida, kata Eka Widnyana, korban ditemukan saudaranya sedang terombang ambing diperairan selatan Pulau Sepatu sekitar pukul 08.30 Wita dengan kondisi selamat.

“Korban hampir 16 jam terombang-ambing di tengah laut. Korban tidak bisa kembali karena kehabisan bahan bakar. Korban sudah berhasil kami evakuasi dalam kondisi selamat,”pungkas Eka Widnyana. (wat/jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten − five =