Sehari, DPC Peradi Denpasar Tuntaskan Dua MoU dan Webnas

0
416
Ketua DPC Peradi Denpasar I Nyoman Budi Adnyana dan Ketua PN Gianyar Sonny Alfian Blegoer Laoemoery./wbo-ist
Ketua DPC Peradi Denpasar I Nyoman Budi Adnyana dan Ketua PN Gianyar Sonny Alfian Blegoer Laoemoery./wbo-ist

DENPASAR – Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (DPC Peradi) Denpasar dibawah pimpinan I Nyoman Budi Adnyana, S.H., M.H., CLA., CPL., menuntaskan kerjasama pemberian bantuan hukum secara cuma-cuma (Pro Bono), dengan Pengadilan Negeri (PN) Gianyar dan PN Amlapura, pada Jumat (7/1/2022).

Pada hari sama, DPC Peradi Denpasar juga menggelar Webinar Nasional (Webnas) bersama salah satu organisasi sayapnya yakni Young Lawyers Committee (YLC). Webinar Nasional itu bekerjasama dengan Asosiasi Profesional Privasi Data Indonesia (APPDI), Mojiza Coffee and Study dan LegalPartner.id. Webinar yang mengambil tema mengenai Perlindungan Data Pribadi.

Pada kerja sama dengan PN Gianyar dan PN Amlapura itu dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU). Ketua DPC Peradi Denpasar Budi Adnyana menyampaikan apreasiasi dan terima kasih kepada Ketua PN Gianyar dan Ketua PN Amlapura atas ditandatanganinya MoU itu serta PBH Peradi Denpasar berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada para pemohon bantuan hukum.

Ditambahkannya, kerja sama memberikan pelayanan kepada masyarakat yang tidak mampu merupakan salah satu program prioritas diamanatkan Ketua Umum DPN Peradi Prof. Dr. Otto Hasibuan, S.H., M.M. PBH Peradi sendiri merupakan salah satu organisasi sayap DPC Peradi Denpasar yang fokus pada pemberian bantuan hukum secara cuma-cuma, dimana Ketua PBH Peradi yakni Desi Purnani, SH.MH.

“Alasan mengapa DPC Peradi Denpasar serius dan semangat dalam menjalankan program dan aktivitas Pro Bono tidak lain karena sejarah cikal bakal Profesi Advokat itu sendiri,” jelas Budi Adanyana.

Sementara itu, Ketua PN Gianyar yaitu Sonny Alfian Blegoer Laoemoery, S.H dan Ketua PN Amlapura yaitu I Wayan Suarta, S.H., M.H. menyampaikan, dengan terpilihnya DPC Peradi Denpasar dalam proses seleksi sebagai mitra dalam pelayanan bantuan hukum cuma-cuma, Diharapkannya, para petugas bantuan hukum dari Peradi Denpasar agar melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab, serta mengkomunikasikan dengan pihak PN dan Panitera jika ada kendala-kendala dalam pelaksanaan kerjasama pemberian bantuan hukum cuma-cuma bagi masyarakat kurang mampu.

Sementara itu untuk webinar nasional mengundang 4 narasumber yakni Prof. Dr. I.B.R Supancana selaku Co-Founder dari APPDI, Dr. Sagung Putri M.E. Purwani, S.H., M.H selaku Akademisi, I Komang Darmayasa, S.H., M.H., selaku Praktisi Hukum/Advokat, dan I Wayan Atmanu Wira Pratana, S.H. sebagai perwakilan Generasi Z. Webinar perdana yang melibatkan YLC Peradi Denpasar ini diikuti lebih dari 400 peserta dari berbagai kalangan.

I Gusti Agung Dian Hendrawan, S.H., M.H., selaku Wakil Ketua YLC Peradi Denpasar mewakili Ketuanya menjadi salah satu narasumber. Menurutnya webinar ini merupakan salah satu program prioritas yang dimiliki oleh YLC Peradi Denpasar dan berharap agar apa yang dibahas dalam webinar kali ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan baru bagi para peserta.

Turut memberikan sambutannya pada webinar ini, I Nyoman Budi Adnyana, S.H., M.H., selaku Ketua DPC Peradi Denpasar mengapresiasi YLC dan seluruh pihak – pihak yang terlibat sehingga webinar ini dapat terselenggara. Selain membahas mengenai fenomena penyalahgunaan data pribadi di media sosial/elektronik, social awareness dan perlindungan hukum terhadap data pribadi, keempat narasumber juga mendorong agar RUU Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) segera disahkan dan diundangkan oleh Pemerintah agar persoalan – persoalan terkait penyalahgunaan data pribadi ini tidak terjadi lagi di masa mendatang. (ari,dha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

six − six =