Evaluasi Penanganan Covid-19 di Gianyar, Masyarakat Masih Abai Prokes, Bepergian Sebelum Uji Sampel Keluar

0
46
Rapat analisa dan evaluasi penanganan Covid-19 di Kabupaten Gianyar.

GIANYAR – Sekda Gianyar Wisnu Wijaya menegaskan, protokol kesehatan (prokes) masih sering diabaikan oleh masyarakat sehingga menjadi salah satu pemicu peningkatan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Gianyar .

Hal itu disampaikannya saat memimpin rapat analisa dan evaluasi penanganan Covid-19, Sabtu, 6 Februari 2021. Selain masalah prokes, Wisnu Wijaya juga menilai masih kurangnya sosialisasi kepada masyarakat terutama yang menunggu hasil uji swab. “Seringkali seseorang atau dalam satu keluarga yang sedang menunggu hasil uji sampel malah bepergian keluar rumah,” tegasnya.

Dari hasil rapat disimpulkan bahwa masyarakat harus menerapkan prokes secara ketat. Wisnu Wijaya meminta Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 dan tim Satgas Gotong Royong agar lebih mengedukasi dan meyakinkan masyarakat bahwa Virus Corona itu ada, nyata, dan berbahaya. Ia juga berharap peningkatan 3T (tracing, testing, dan treatment).

Sementara, Kapolres Gianyar AKBP l Dewa Made Adnyana yang hadir pada kesempatan itu menyampaikan, pihaknya bersama TNI siap mengamankan serta melaksanakan pendisiplinan di titik-titik keramaian seperti pasar. Pedagang maupun pembeli yang kedapatan tidak memakai masker akan dikenakan sanksi.

Kapolres juga mengimbau masyarakat dalam kegiatan piodalan, pengabenan, serta upacara adat lainnya wajib menjalankan protokol kesehatan. “Bukannya tidak boleh melaksanakan upacara, tapi yang perlu kita garis bawahi adalah kerumunannya,” tegas mantan Kapolsek Denpasar Barat ini. (jay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here