Tabanan Akan Terima 7200 Vial Vaksin Covid

0
43
SIAP : Tabanan sudah siap menerima vaksin dengan menyediakan cold room dengan kapasitas 100 ribu vial

TABANAN – Kabupaten Tabanan akan menggelar vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tabanan, Rabu (27/1/2021). Sebanyak 7.200 vial vaksin Covid-19 akan tiba di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Kesehatan Tabanan, Selasa (26/1/2021). Pengambilan vaksin di Dinas Kesehatan Provinsi Bali sampai ke Tabanan akan dikawal ketat pihak kepolisian.

Kepala Dinas Kesehatan Tabanan, dr Nyoman Suratmika, mengatakan vaksin Covid-19 akan tiba di UPTD Laboratorium Kesehatan Tabanan sekitar pukul 09.00 WITA. Sesuia Jadwal, Tabanan mendpatkan waktu mulai pukul 08.00 sampai 10.00 WITA.

“Ada sebanyak 7.200 vial yang digunakan vaksinasi tahap pertama termin II dan kami sudha siap menerima vaksin. Vaksin ini cukup untuk memvaksinasi 3600 sasaran vaksin dengan prioritas tenaga kesehatan,” ujar Suratmika, Senin (25/1/2021).

Berdasarkan rekap Data Kesehatan dan Kontak Melalui Sistem Informasi tenaga kesehatan Provinsi Bali (sisdmk.kemenkes.go.id) sampai dengan tanggal 31 Desember 2020, tercatat ada 3.803 SDMK Kabupaten Tabanan yang terdaftar. Menurut Suratmika, jumlah itu bisa saja kurang karena kemungkinan ada yang tidak memenuhi syarat.

“Vaksin Covid-19 akan disimpan di dalam cold room UPTD Laboratorium Kesehatan Tabanan begitu tiba. Vaksinasi perdana akan dilakukan Rabu (27/1/2021) besok diawali di BRSU Tabanan,” katanya.

Selain menyiapkan cold room, Tabanan juga telah menyiapkan cooler box  untuk menyimpan vaksin Covid-19 pada saat didistribusikan ke masing-masing rumah sakit dan  Puskesmas sesuai kebutuhan. Selain itu ada juga cold chain untuk menyimpan vaksin COVID-19 di fasilitas kesehatan yang melaksanakan vaksinasi.

Menurut Suratmika, para pejabat daerah akan mengawali vaksinasi perdana di BRSU Tabanan. Adapun yang terdata menjalani vaksinasi Covid-19 yakni para pejabat di lingkungan Pemkab Tabanan dan Forkopimda, IDI, Dinas Kesehatan dan pejabat lainnya.

Pengambilan dan pengiriman vaksin Covid-19 mulai dari Dinas Provinsi Bali sampai ke Lab Kesehatan Tabanan, akan mendapat pengawalan ketat pihak kepolisian. Kabag Ops Polres Tabanan Kompol I Nengah Sudiarta ketiak dikonfirmasi mengatakan, pihaknya menyiapkan 17 personel untuk pengawalan baik terbuka maupun tertutup.

“Kami siapkan pengawalan terbuka maupun tertutup, mulai dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali dan selama perjalanan sampai di tempat penyimpanan vaksin di Lab Kesehatan Tabanan. Kira-kira memakan waktu sekitar satu jam dalam perjalanan,” jelasnya. (jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here