Pemkot Denpasar Terima LHP Kinerja Penanganan Covid-19 dari BPK

0
120
Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kinerja atas penanganan Covid-19 dari BPK Perwakilan Provinsi Bali.

DENPASAR- Pemerintah Kota Denpasar menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kinerja atas penanganan Covid-19 dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Bali, Rabu (23/12/2020).

LHP yang diterima terkait dengan efektivitas penanganan pandemi Covid-19 bidang kesehatan TA 2020 dan pemeriksaan kepatuhan atas penanganan pandemi covid-19 di Kota Denpasar. Penandantanganan serah terima dilaksanakan Plh. Kepala BPK Perwakilan Provinsi Bali I Gusti Ngurah Satria Perwira, Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara dan Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede.

IGN Jaya Negara mengatakan, secara umum sesuai dengan pemeriksaan dari BPK perwakilan Bali untuk pemerintah Kota Denpasar, efektivitas penanganan pandemi Covid-19 bidang kesehatan TA 2020 sudah cukup efektif. Namun, masih ada catatan terkait dengan kesesuaian dengan peraturan perundang-undangan dalam penggunaan anggaran serta pelaksanaan di lapangan, seperti terkait masalah metode pelaksanaan swab berbasis PCR, evaluasi kontak erat kasus, serta laporan kasus yang terintegrasi dengan daerah maupun nasional. “Kita masih ada waktu untuk melakukan perbaikan dan memang perlu untuk diperbaiki sehingga tidak menjadi masalah dikemudian hari,” katanya.

Jaya Negara menambahkan, meskipun masih ada beberapa kekurangan mengingat kasus Covid -19 masih dalam proses pembelajaran dan masih dicari solusi untuk penanggulangan, pihaknya tetap akan segera menindaklanjuti dan menjadi prioritas sehingga kemanfaatan dapat dirasakan secara maksimal oleh masyarakat. “Kami akan berusaha untuk memaksimalkan kekurangan kami sehingga dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” jelasnya.

Plh. Kepala BPK Perwakilan Provinsi Bali I Gusti Ngurah Satria Perwira menyampaikan, pemeriksaan ini merupakan bagian dari strategi pemeriksaan komprehensif BPK (Audit Universe) yang dilaksanakan secara serentak pada Semester II 2020 untuk seluruh entitas pusat dan daerah. Pemeriksaan kinerja dimaksudkan untuk menilai efektivitas penanganan pandemi COVID-19 bidang kesehatan TA 2020 pada Pemerintah Kota Denpasar. Sasaran pemeriksaan pengelolaan atas empat hal yaitu penelurusan kasus (tracing), pengujian (testing), perawatan (treatment) serta sosialisasi dan edukasi guna mengubah perilaku masyarakat dalam rangka penanganan dan pengendalian pandemi COVID-19.

Berdasarkan hasil pemeriksaannya, BPK menyimpulkan bahwa Pemerintah Kota Denpasar cukup efektif dalam melaksanakan penanganan pandemi Covid-19 bidang kesehatan TA 2020. “Hal ini terlihat dari upaya Pemkot Denpasar di dalam mencegah penularan Virus Corona sehingga mitigasi kasus dan penelurusan kontak eratnya dapat segera dilaksanakan,” katanya sembari menyebutkan Pemkot Denpasar dalam pelaksanaan tindak lanjut mendapat nilai tinggi.(sur/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here