DenpasarSport

Demi Latihan Bersama, FORKI Bali Akan Swab Test Karateka PON

DENPASAR – Demi bisa meningkatkan latihan dari mandiri ke latihan  bersama, Pengprov FORKI Bali berencana melakukan swab test kepada  seluruh karateka PON Bali dengan tujuan menjamin karateka sehat dan tidak terpapar virus corona agar program peningkatkan teknik bisa  dimaksimalkan.

“Karena sudah masuk era new normal sekarang ini sudah muncul wacana agar seluruh karateka PON Bali bisa latihan bersama. Tapi kami harus  mengetahui bagaimana kondisi kesehatan  mereka dulu apakah terpapar atau tidak, dan itu harus dilakukan melalui swab test tersebut,” tutur  Sekretaris Umum (Sekum) Forki Bali, Ardy Ganggas saat dihubungi Kamis (09/7/2020).

Sebenarnya lanjutnya, pada 1 Juli lalu seluruh karateka rencananya di tes swab namun karena penambahan kasus positif Covid-19 bertambah  terutama di Bali maka dibatalkan “Kami akan menjadwalkan kembali hanya saja soal kepastian waktunya masih melihat kondisi ke depan dan  mencari waktu yang tepat,” imbuh Ardy Ganggas.

BACA JUGA:  Inspektur Provinsi Bali Dorong Terus Berkembangnya Edukasi Anti Korupsi

Tak dipungkirinya jika tes tersebut wajib dilakukan supaya benar-benar mengetahui kondisi kesehatan atlet dan pelatih. Pasalnya, semua itu  nantinya menjadi jaminan bisa melakukan kegiatan dengan aman. Dengan demikian menurutnya program bisa berjalan dengan maksimal. “Penerapan teknik memang harus bertemu antara karateka dengan karateka lainnya. Contohnya di kategori Kata  atau seni memang harus saling berhadap-hadapan, sedangkan untuk kategori Kumite (tarung,red), atlet juga saling bersentuhan. Jadi sampai karena 1 yang terpapar semuanya  jadi berdampak buruk,” tegas Ardy Ganggas.

BACA JUGA:  Perhimpunan Fotografer Bali Boyong 24 Penghargaan dalam Event Salon Foto Indonesia Ke-44 di Bandung

Ditekankan pihaknya, setelah di swab test meskipun hasilnya nanti negatif lantas tidak serta merta membuat atlet bisa lebih santai  lantaran FORKI Bali tetap mengedepankan protokol kesehatan dan menghimbau dimanapun atlet berada, hal itu wajib dilakukan.

Sementara karateka Bali sendiri yang lolos PON XX/2021 disebutkan 11 orang yakni 6 orang di kategori Kata dan 5 orang di Kumite. Dua  diantaranya saat ini sedang bergabung di kesatuan yang berada di luar  Bali yaitu masing-masing di TNI AL dan TNI AD. Sisanya semuanya berada di Bali sambil terus berlatih secara mandiri. (ari)

Back to top button