Rawat PDP-80, Petugas Medis Positif Covid-19

0
224
I Gede Suyasa

BULELENG – Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Terkonfirmasi atau positif di Bumi Den Bukit kembali bertambah. Salah seorang petugas medis yang sempat merawat PDP-80, dinyatakan terkonfirmasi setelah test swab kedua menunjukkan hasil positif. Dengan hasil test swab kedua positif, petugas medis dengan gejala awal demam berdarah (BD) ini selanjutnya dirawat sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dengan kode PDP-91.

“Awalnya, yang bersangkutan dirawat dengan gejala DB, karena panasnya tidak turun-turun, dilakukan rapid test. Rapdi test pertama non reaktif, namun yang kedua hasilnya reaktif, sehingga dilakukan test swab. Hasil test swab pertama negatif, dan yang kedua positif, sehingga dikatagorikan PDP Terkonfirmasi atau positif,” tandas Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, Senin (8/6/2020) siang, saat menggeber perkembangan penanganan Pandemi Covid-19 di Kabupaten Buleleng.

PDP Terkonfirmasi atau positif Covid-19 dengan kode PDP-91 ini, kata Suyasa yang juga Sekda Kabupaten Buleleng, diduga terjangkit Covid-19 dari pelayanan kesehatan terhadap PDP-80. “Terhadap PDP-19 ini, selain penanganan medis, perawatan intensif di RSP Giri Emas, Tim Medis GTP2 Covid-19 Kabupaten Buleleng juga melakukan tracing terhadap orang-orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan PDP-91,” terangnya.

Upaya tracing yang dilanjutkan dengan rapid test dan swab akan dilakukan sesuai protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Disisi lain, PDP-69 yang dirawat sejak 5 Mei 2020 di RSP Giri Emas, Senin (8/6/2020) dinyatakan sembuh. “PDP-69 dengan riwayat kontak erat dengan PPD-60 asal Desa Bondalem, dinyatakan sembuh setelah test swab ke tujuh dan delapan menunjukkan hasil negatif,” tandas Suyasa seraya mengingatkan trasnmisi lokal masih terjadi di Kabupaten Buleleng.

Dengan adanya penambahan PDP Terkonfirmasi ini, lanjut Suyasa, jumlah kumulatif PDP sampai dengan Senin (8/6/2020) adalah 91 orang. Dengan rincian 13 orang negatif dan 77 orang PDP Terkonfirmasi atau positif. “Dari 77 PDP terkonfirmasi, 63 orang dinyatakan sembuh, 10 orang dirawat RSP Giri Emas dan 4 orang dirujuk ke Denpasar. Selain itu ada 11 PDP Terkonfirmasi positif yang masih dirawat di RSUP Sanglah,” imbuhnya.

Orang Dalam Pengawasan (ODP) kumulatif sebanyak 107 orang, dimana 101 diantaranya sudah selesai masa pantau, 5 orang masih dipantau, dan 1 orang dirujuk ke RSUP Sanglah. Sementara Orang Tanpa Gejala (OTG) akumulatif sebanyak 1.396 orang, dengan rincian 1.234 sudah selesai masa pantau, 158 karantina mandiri, 3 karantina di RSP Giri Emas dan 1 orang dirujuk ke RSUP Sanglah. “Pantauan pelaku perjalanan wilayah terjangkit atau wilayah transmisi lokal (tanpa gejala) akumulatif 3.534 orang, 3.395 sudah berakhir masa pantau dan 139 masih dalam pemantauan,” pungkasnya. (kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here