DenpasarHukumPolitikTerkini

Pemilukada 2024, Kajati Bali Siap Backup Bawaslu Bali

Dukungan Penuh Guna Perkuat Sentra Gakumdu

DENPASAR – Kepala Kejaksaan Tinggi Bali Ketut Sumedana memberikan dukungan penuh terhadap langkah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bali untuk memperkuat Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah serentak yang akan dilaksanakan pada 27 Nopember 2024.

Penegasan tersebut disampaikan Kepala Kejakasaan Tinggi Bali Ketut Sumedana Bali menerima audiensi Bawaslu Provinsi Bali, di Denpasar, Senin (8/7/2024).

Pertemuan tersebut dihadiri Ketua Bawaslu Bali, I Putu Agus Tirta Suguna, beserta dua Anggota Bawaslu Bali, I Wayan Wirka dan I Nyoman Gede Putra Wiratma, serta Kepala Sekretariat Bawaslu Bali, Ida Bagus Putu Adinatha. Sementara Kejaksaan Tinggi Bali, Ketut Sumedana, didampingi Asisten Pidana Umum (Aspidum), Chandra Eka Yustisia, dan Asisten Bidang Intelijen (Asintel), Chandra Purnama.

BACA JUGA:  Pantai Kelingking Makan 2 Korban Wisatawan Asing

Menurut Kepala Kejaksaan Tinggi Bali Ketut Sumedana, pelanggaran dimanapun pasti ada, mengingat saat ini masih tahapan awal Pemilukada serentak. Apabila ada pelaksanaan tugas-tugas yang memerlukan turun ke lapangan, bisa dikoordinasikan dengan jajaran kami di Kejati Bali.

“Kami selalu siap memberikan backup,”kata Ketut Sumedana.

Kajati Bali, Ketut Sumedana didampingi oleh Asisten Pidana Umum (Aspidum), Chandra Eka Yustisia, dan Asisten Bidang Intelijen (Asintel), Chandra Purnama.

Sementara Ketua Bawaslu Bali I Putu Agus Tirta Suguna menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin dengan Kejati Bali selama tahapan pemilu 2024.

“Kami berharap sinergisitas yang sudah terjalin akan semakin baik di tahapan pilkada ini,” ujar Suguna.

BACA JUGA:  Inspektorat Provinsi Bali Tindaklanjuti Informasi Pungutan SMA

Sementara anggota Bawaslu Bali I Wayan Wirka, menambahkan terkait penempatan personel kejaksaan ke dalam struktur Sentra Gakkumdu. Wirka mengatakan penempatan personel ini bertujuan untuk piket Gakkumdu selama tahapan pemilihan serentak.

“Terkait dengan piket, secara teknis akan kami diskusikan dengan Pak Aspidum agar pelaksanaannya menjadi efisien,” ujar Wirka.

Menanggapi permintaan tersebut, Sumedana menyatakan kesiapan Kejati Bali untuk mendukung program yang disusun oleh Bawaslu.

Sumedana mengharapkan agar pelaksanaan pemilihan dapat berjalan damai, sehingga tidak banyak dugaan pelanggaran pidana yang maju ke pengadilan.

“Kami juga bersedia menempatkan anggotanya untuk mendukung tugas-tugas Gakkumdu,” pungkasnya. (arn/jon)

Back to top button