HukumTabananTerkini

Lapas Tabanan ‘Kejar’ Sertifikat Halal

 

TABANAN – Dalam rangka mewujudkan pelayanan terbaik bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) khususnya penyediaan makanan yang berkualitas dan halal, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tabanan diaudit Tim Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Provinsi Bali, Rabu (19/6/2024).

Audit ini bertujuan untuk meminta data maupun informasi baik tertulis maupun wawancara serta mengecek lokasi untuk pengurusan Sertifikat Halal Dapur Lapas. Proses Pengurusan Sertifikat HALAL ini terkait dengan Surat Direktorat Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Nomor Tgl 15 Mei 2024 Nomor PAS.6-PK.06.08-613 tentang Himbauan Kepemilikan Sertifikat HALAL dalam Penyelenggaraan Makanan di UPT Pemasyarakatan.

BACA JUGA:  Koalisi Nawasena di Klungkung Terancam Pincang

Kepala Subseksi Perawatan Narapidana/ Anak Didik Lapas, I Gede Komang Werdi mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Lapas Tabanan untuk memberikan layanan terbaik bagi Warga Binaan.

“Untuk memberikan layanan terbaik bagi teman-teman Warga Binaan khususnya kualitas makanan, salah satu upaya yang kami lakukan yaitu pengurusan sertifikat halal Dapur Lapas,” terangnya.

Tim LPPOM MUI melakukan audiensi dan wawancara mengenai proses pengolahan makanan di Dapur Lapas, mulai dari proses Permintaan Bama ke Vendor atau Pemborong, Serah Terima, Pemeriksaan dan Proses Pengolahan Makanan sampai Penyajian Makanan serta Pendistribusian kepada Warga Binaan.

Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/ Anak Didik dan Kegiatan Kerja menambahkan pengurusan sertifikat halal ini merupakan langkah yang penting untuk memastikan makanan yang disajikan kepada Warga Binaan memenuhi standar.

BACA JUGA:  Maju Ke Panel TPN, Kalapas “Bakar” Semangat Petugas untuk Raih WBK

“Komitmen kami jelas yaitu untuk memberikan segala bentuk pelayanan terbaik sesuai tugas dan fungsi Pemasyarakatan. Salah satunya yaitu mengupayakan kebersihan, higienis dan kehalalan makanan bagi Warga Binaan,” ujar Agung Wisnuputra Dalem.

Dari hasil audit ini terdapat beberapa rekomendasi dan catatan dari audit untuk perbaikan proses sertifikasi halal Dapur Lapas Tabanan. Dengan diterbitkannya sertifikat halal tersebut tentunya akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas makanan yang disajikan di dalam Lapas.(jon)

Back to top button