BulelengPolitikSosialTerkini

Bulan Bung Karno, BMI Buleleng Gencarkan Aksi Peduli Kesehatan Dan Donor Darah

BULELENG – Serangkaian Bulan Bung Karno Tahun 2024, Banteng Muda Indonesia (BMI) Kabupaten Buleleng gencarkan kegiatan ‘BMI Peduli’ Kesehatan.

Selain melakukan pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga masyarakat di Desa Bila Kecamatan Kubutambahan, melalui sinergitas bersama PMI Kabupaten Buleleng juga digelar donor darah.

“Hari ini BMI Peduli dalam rangkaian Bulan Bung Karno, kita melakukan kegiatan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga masyarakat dan donor darah bekerjasama dengan PMI Kabupaten Buleleng,” ungkap Ketua BMI Kabupaten Buleleng Ketut Putra Sedana disela-sela kegiatan BMI Peduli di Desa Bila Kecamatan Kubutamabahan, Minggu (9/6/2024).

Putra Sedana yang akrab disapa Dokter Caput menandaskan BMI Peduli dilaksanakan untuk memberikan layanan dasar kesehatan bagi masyarakat yang berada pada daerah ‘terpencil’ dan membutuhkan pelayanan kesehatan.

BACA JUGA:   Panen Cabai hingga Ikan Nila, Pj. Gubernur Mahendra Jaya Apresiasi Upaya Penanggulangan Inflasi di Buleleng

“Kami mengapresiasi antusias warga masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya, artinya kesadaran mereka terhadap kesehatan sangat tinggi. Astungkara dengan layanan pemeriksaan kesehatan dasar yang kami berikan, mereka mengetahui gejala penyakit yang diderita dan kami sarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke fasilitas kesehatan yang ada bila ada indikasi penyakit cukup berat dan butuh penanganan serius,” terangnya.

Ia juga mengapresiasi animo masyarakat untuk donor darah sebagai bentuk kepedulian sesama yang semakin tinggi.
Dokter Caput berihktiar donor darah tidak hanya berguna bagi sesama yang membutuhkan, tapi juga sangat penting bagi kesehatan diri sendiri.

BACA JUGA:   Rasa Kemanusiaan, Rabu dan Kamis ini Pemprov Bali Kremasi 11 Jenazah Terlantar

“Seperti sumur, kalau airnya tidak pernah dimanfaatkan tentunya akan bau, namun jika dimanfaatkan untuk nyiram tanamam, dikasi minum hewan peliharaan dan lainnya, tentu airnya tetap bersih, tidak akan bau dan lebih bermanfaat. Disinilah sebenarnya manfaatnya kita melakukan donor darah yang rutin, sehingga saya tetap sarankan bersama PMI ayoo kita donor, bukan untuk siapa-siapa, disamping berguna bagi sesama yang memerlukan, yang sakit, yang juga tidak kalah pentingnya adalah untuk kita sendiri, sehingga akan terbentuk sel-sel darah baru yang dengan sendirinya membuat kita sehat,” pungkasnya.(kar/jon)

Back to top button