DenpasarHukum

DPC Peradi Denpasar Gelar Karya Latihan Bantuan Hukum

DENPASAR – Dalam rangka menyiapkan advokat-advokat yang akan ditempatkan di pos bantuan hukum di seluruh Bali, DPC Peradi Denpasar menggelar Karya Latihan Bantuan Hukum bagi advokat muda anggota DPC Peradi Denpasar. 

Karya Latihan Bantuan Hukum yang akan dilaksanakan pada 17 Mei 2024 di Hotel Azana Boutique Denpasar ini diberikan secara gratis kepada 50 orang advokat angkatan 2022 dan 2023, yang akan ditempatkan di posbakum Pengadilan Negeri seperti Denpasar, Tabanan, Gianyar, Bangli, Semarapura, Amlapura dan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Denpasar, serta Pos Bantuan Hukum di Rutan Negara, Rutan Tabanan dan Lapas Kelas IIA Kerobokan. 

“DPC Peradi Denpasar selama ini telah bekerja sama (MoU) dengan 7 Pengadilan dan 3 Rutan dalam rangka memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma kepada masyarakat yang membutuhkan. Berangkat dari semua itu, DPC Peradi Denpasar harus menyiapkan sumber daya advokat yang akan ditempatkan di 10 lembaga pemerintah penyelenggaran posbakum tersebut sebagai perwujudan dan pelaksanaan Pasal 22 UU Advokat, tentang kewajiban memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma kepada pencari keadilan yang tidak mampu,” tutur Budi Adnyana Ketua DPC Peradi Denpasar didampingi Sekretaris DPC Peradi Denpasar Fredrik Billy di Denpasar, Rabu (15/5/2024). 

“Karya Latihan Bantuan Hukum secara gratis itu digelar sehari penuh di Hotel Azana Boutique Denpasar kepada para advokat muda, sebagai salah satu cara untuk menyiapkan para advokat yang akan ditempatkan pada pos bantuan hukum dimaksud,” terang Budi Adnyana.

Sementara itu, Ketua Panitia Karya Latihan Bantuan Hukum Yudik Purwanto menyampaikan jika materi Karya Latihan Bantuan Hukum ini meliputi pengenalan mengenai Prinsip Bantuan Hukum, Teknik Wawancara Klien, Permohonan dan Perceraian, Hukum Acara Perdata dan Perdata Materiil, Hukum Acara Pidana dan Pidana Materiil, Hukum Acara PHI dan Hukum Ketenagakerjaan, Hukum Perusahaan dan Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara. Para advokat muda ini akan dilatih oleh advokat-advokat senior DPC Peradi Denpasar. (ari,dha) 

Back to top button