KarangasemPolitik

Gede Dana Klaim Suara PDI Perjuangan Naik

KARANGASEM – Ketua DPC PDI Perjuangan (PDIP) Karangasem I Gede Dana, mengklaim suara partainya mengalami peningkatan pada Pemilu 2024 ini. Kendati demikian politisi yang juga sebagai Bupati Karangasem itu mengakui, bahwa suara Pilpres Ganjar-Mahfud masih kalah dengan raihan suara Prabowo-Gibran.

“Di Karangasem suara PDIP mengalami kenaikan di semua tingkatan pada Pemilu tahun 2024 ini, baik DPR RI, DPRD Provinsi, maupun DPRD Kabupaten, ” kata Gede Dana.

Dari hasil perhitungan internal PDIP Karangasem, perbandingan Suara DPR RI pada Pemilu tahun 2019 sebanyak 84 ribu suara, tapi Pemilu tahun 2024 berhasil meraih 111.920 suara atau naik sekitar 27 ribuan suara. Begitu juga untuk raihan DPRD Provinsi Bali, tahun 2019 hanya mencapai 93 ribu suara dan sekarang memperoleh 125.420 suara atau naik sekitar 32 ribu suara.

BACA JUGA:   Badung Tidak Usulkan Nama Balon Gubernur dan Wakil Gubernur, Termasuk Koster- Ace

Tak hanya suara RI dan Provinsi yang naik, suara DPRD Kabupaten juga mengalami peningkatan. Pemilu tahun 2019 PDIP Karangasem hanya meraih sekitar 74 ribu suara, namun pada tahun 2024 ini berhasil meraih sekitar 98.565 suara atau naik sekitar 24 ribu suara.

Suara PDIP yang naik juga berimbas terhadap raihan kursi dewan Karangasem yang diperkirakan terjadi penambahan di beberapa Dapil.  “Rekap suara berdasarkan C1, kami (PDIP) berpotensi menambah tiga kursi Dewan Karangasem dari 12 kursi yang diraih pada Pemilu 2019 lalu. Penghitungan belum final. Tapi untuk DPRD Bali tak ada penambahan dan tetap bertahan tiga kursi,” pungkasnya. (wat,dha)

Back to top button