BerandaDaerahBadungHarga Tinggi, Petani Bunga Pacar Sumringah

Harga Tinggi, Petani Bunga Pacar Sumringah

MANGUPURA- Petani bunga pacar belakangan ini sumingah. Hanga per kilo bunga yang digunakan untuk sarana upacara umat Hindu tersebut harganya cukup fantastis.

Jika pada hari normal harganya kisaran Rp7 ribu per kilo, saat ini mencapai Rp21 ribu per kilo.

Made Adnyana, petani bunga pacar di Desa Sibang Gede, Kecamatan Abiansema mengungkapkan sejak awal Mei 2023, harga bunga pacar mengalami peningkatan. Bahkan sebelum Hari Purnama Jiestha pada 4 Mei 2023 harga bunga mencapai Rp 40 ribu per kilogram.

Menurutnya, kenaikan harga bunga pacar ini erat kaitannya dengan adanya hari raya umat Hindu. Terlebih di Mei ini sangat banyak hari raya, seperti Purnama Jistha, tilem, Saraswati, Banyu Pinaruh, Soma Ribek, Sabuh Mas, Pagerwesi, dan sebagainya.

“Dua minggu yang lalu sebelum purnama, harga bunga satu kilogram mencapai Rp 40 ribu,” ujar Adnyana, Selasa (23/5/2023).

Peningkatan harga bunga ini diakuinya cukup tinggi, sebab dalam kondisi normal hanya Rp 5-7 ribu per kilogram. Meski demikian harga bunga pacar berangsur menurun setelah perayaan purnama. Bahkan saat ini per kilogram berkisar pada Rp 18-21 ribu.

“Ini harga bunga yang ada di petani, untuk di pengecer berbeda,” ungkapnya.

Melihat skema harga tersebut, Adnyana menerangkan telah menyiasati penenaman bibit. Bahkan dari lahan sekitar 20 are yang ia kelola dibagi menjadi tiga segmen.

Pertama, khusus tanaman bunga yang siap panen, kedua, untuk yang baru tumbuh, dan lahan kososng yang siap ditanami bibit baru.

“Yang akan ditanam saat ini disiapkan untuk menyambut Hari Raya Galungan. Karena saat itu juga keperluan bunga untuk upacara biasanya meningkat,” terangnya. (lit/jon)

- Advertisment -
%d blogger menyukai ini: