Distan Buleleng Usulkan Distribusi Sapi Bali Lewat Tol Laut

0
195
Distan Buleleng berharap ternak sapi bisa terdistribusi melalui tol laut, Pelabuhan Celukan Bawang.
Distan Buleleng berharap ternak sapi bisa terdistribusi melalui tol laut, Pelabuhan Celukan Bawang.

BULELENG – Pemkab Buleleng melalui Dinas Pertanian (Distan) mengapresiasi imbauan Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bali IGK Kresna Budi terkait pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) yang harus dilakukan instansi terkait bersama asosiasi dan peternak. 

Selain upaya pencegahan dan penanganan ternak yang sakit, Distan Buleleng juga mengapresiasi penanggulangan ternak sehat yang harus tetap terdistribusi untuk memenuhi kebutuhan daging masyarakat. 

“Karena sesuai hasil pemantauan dan evaluasi, hampir tidak ada ternak sapi,babi maupun kambing di Kabupaten Buleleng yang terjangkit PMK,” ungkap Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten Buleleng, Made Sumiarta, Selasa (24/5/2022) usai melakukan pemantauan ke sejumlah kelompok ternak.

Mantan Kabag Umum Setda Buleleng ini berharap, kondisi ternak yang sehat, kebutuhan daging masyarakat dan dampak ekonomi terhadap peternak jika ternaknya tidak segera terdistribusi atau terjual mendapatkan perhatian dan solusi terbaik. 

“Sesuai aspirasi peternak, mereka berharap ternak yang dipelihara dan dalam kondisi sehat, bisa segera terdistribusi untuk memenuhi kebutuhan daging masyarakat. Mungkin dengan perlakuan khusus, seperti penerapan protokol kesehatan Covid-19 terhadap pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) sehingga kesehatan sapi terjamin sampai tujuan,” terangnya.

Untuk menghindari penyebaran pada zone wilayah terjangkit PMK, pendistribusian mungkin bisa dilakukan melalui tol laut. “Kami berharap pendistribusian ternak bisa dilakukan melalui Tol Laut, Pelabuhan Celukan Bawang,” pungkasnya. (kar,dha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 + 1 =