Bawaslu Ingatkan Pentingnya Pengawasan Partisipatif Generasi Milenial

0
124

KLUNGKUNG- Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik ( Kesbangpol) Kabupaten Klungkung mengadakan sosialisasi pendidikan politik bagi generasi muda yang diselenggarakan, Selasa (17/5/2022) bertempat di SMK Negeri 1 Klungkung dengan peserta siswa-siswi SMK Negeri 1 Klungkung.

Selaku narasumber, salah satunya Ketua Bawaslu Klungkung Komang Artawan.

Dalam kesempatan tersebut, Artawan menyampaikan Bawaslu berkewajiban untuk melibatkan masyarakat menjadi pengawas pemilu partisipatif sebagai bentuk partisipasi masyarakat untuk mewujudkan pelaksanaan pemilu yang lebih berintegritas.

Menurut pria kelahiran Desa Sampalan itu , ada beberapa hal yang dapat dilakukan dalam pengawasan partisipatif, seperti ikut memantau pemilu untuk memastikan penyelenggaraannya berlangsung sesuai degan peraturan perundang-undangan, ikut mencegah terjadinya pelanggaran pemilu sesuai dengan peran sosialnya masing-masing dan menyampaikan pelanggaran pemilu kepada pengawas.

“Yang diawasi adalah persiapan penyelenggaraan pemilu, pelaksanaan tahapan penyelenggaraan pemilu, pelaksanaan putusan atau keputusan, netralitas ASN, TNI, Kepolisian RI dan pelaksanaan peraturan KPU,” paparnya Artawan.

Ia menyampaikan, sebagai wadah untuk pelaporan dari masyarakat,
Bawaslu menyediakan aplikasi Gowaslu, sebagai wujud sarana penyampaian pelaporan oleh masayarakat, dimana portal bersama ini dapat menghubungkan jajaran pengawas pemilu dengan metode yang dapat dengan mudah dan cepat dijangkau oleh pemantau dan masyarakat pemilih, dan merupakan wujud peningkatan pengawasan partisipatif. (yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 − 3 =