Desa Ekasari Melaya Masuk Anugerah Desa Wisata Indonesia

0
111
Desa Wisata Ekasari Kecamatan Melaya, masuk 300 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 versi Kemenparekraf.
Desa Wisata Ekasari Kecamatan Melaya, masuk 300 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 versi Kemenparekraf.

JEMBRANA – Desa wisata Ekasari Kecamatan Melaya, mewakili Kabupaten Jembrana masuk ke-300 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022. Tahun 2021 Desa Ekasari juga masuk dalam nominasi ajang tersebut.

Terkait kelengkapan secara administrasi sudah mendapatkan SK Bupati Jembrana, berikut melampirkan segala potensi desa.

Ketua Pokdarwis Desa Ekasari I Komang Anom Suastika Sri Bayu, belum lama ini menjelaskan, terkait persyaratan termasuk persiapan Desa wisata sudah final. Sejak awal administrasi sudah disahkan oleh Bupati terutama SK yaitu berupa desa wisata di tahun 2022.

Demikian pula penginputan data di aplikasi Jadesta (Jaringan Desa Wisata), berupa foto-foto serta potensi wisata yang ada di Desi Ekasari, selalu dikoordinasikan dengan pihak Jadesta sebagai penyelenggara ADWI dari Kemenparekraf.

Terkait SK Desa Wisata dari Bupati, juga sudah diverifikasi terlebih dahulu oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jembrana. Termasuk Pokdarwis yang ada, serta palarejo yang menjadi potensi sebagai nilai pengembangan.

“Jadesta ini merupakan aplikasi grup sehingga terupload berupa profil melalui sistem digitalisasi,” jelasnya.

Anom Suastika menambahkan, latar belakang mengikuti ajang ini, untuk penilaian desa ini sedang berkembang dan para wisatawan juga terus meningkat. Sehingga ke depan bisa banyak wisatawan domestik dan internasional.

Sementara perbekel Desa Ekasari I Gede Puja mengatakan, dukungan dari desa belum maksimal namun banyak didukung para pemerhati pariwisata. Pokdarwis hanya mendukung form-form yang diisi.

“Profil Desa Ekasari memiliki luas 1.600 hektar dengan jumlah penduduk 5.200 jiwa, terdiri 10 Banjar dinas. Sedangkan komposisi penduduk dari segi keagamaan ada agama Hindu, Kristen dan Islam. Mengenai nilai toleransi juga terjaga sangat baik ,” jelasnya. (ara,dha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

thirteen − five =