Bule Bugil di Gunung Batur Telah Dideportasi

0
115
Proses deportasi terhadap JDC

KUTA – WNA Kanada yang sebelumnya sempat viral karena menari bugil di kawasan Gunung Batur, telah dideportasi ke negara asal. Deportasi terhadap pria berinisial JDC (33) itu dilaksanakan, Selasa (10/5/2022).

Kepala Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Denpasar Babay Baenullah mengatakan, sebelum akhirnya dideportasi, WNA bersangkutan sempat mendekam selama 14 hari di Rudenim Denpasar. Begitu semua dokumen administrasi siap dan lolos tes PCR dengan hasil negatif, JDC kemudian diberangkatkan atas pengawalan ketat tiga orang petugas.

Pemberangkatan dilakukan melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai pada pukul 20.35 Wita dengan maskapai KLM Royal Dutch Airlines KL0836 tujuan Amsterdam, Belanda. Kemudian keesokan harinya lanjut menuju Calgary, Kanada, dengan penerbangan KL0677.

Hal senada disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bali Jamaruli Manihuruk. Dia menambahkan, pendeportasian terhadap JDC notabene sesuai dengan ketentuan termuat dalam Pasal 75 ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Lanjut dia, JDC sebelumnya diketahui telah mengunggah video diri yang tengah menari tarian suku Maori secara tanpa busana di kawasan Gunung Batur, Bangli. Meski menganggap itu hanya bentuk ekspresi diri, banyak warga yang ternyata menilai aksi tersebut adalah bentuk ketidakhormatan kepada budaya dan adat Bali. Hingga akhirnya JDC diamankan dan diperiksa oleh pihak Kantor Imigrasi Denpasar, dengan keputusan pengenaan tindakan administratif berupa deportasi.

“Setelah kami melaporkan pendeportasian, keputusan penangkalan lebih lanjut akan diputuskan Direktorat Jenderal Imigrasi dengan melihat dan mempertimbangkan seluruh kasusnya,” sambung Jamaruli.

JDC yang diketahui masuk Indonesia pada tahun 2019 lalu, dan sempat berencana pulang ke Kanada pada tahun 2020, namun karena terjebak pandemi Covid-19 akhirnya tinggal di Indonesia dengan izin tinggal yang berlaku hingga 27 April 2022. (adi/jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen + 10 =