Calon Prebekel 40 Desa Ditetapkan, Enam Orang Perempuan Ikut Bersaing

0
146
Pilkel Serentak
Kepala DPMD Buleleng Nyoman Agus Jaya Sumpena geber penetapan 123 Cakel dan pengangkatan 30 Plh Prebekel di Buleleng

BULELENG – Tahapan penetapan calon prebekel (Cakel) telah dilakukan seluruh panitia yang dibentuk desa penyelenggara Pemilihan Prebekel (Pilkel) Serentak Tahun 2021. Dari 40 desa penyelenggara Pilkel Serentak Tahun 2021, jumkag cakel yang ditetapkan sebanyak 123 orang, terdiri dari 117 orang laki-laki dan 6 orang perempuan.

“Penetapan calon prebekel telah dilakukan panitia Pilkel dari masing-masing desa tanggal 15 – 17 September 2021. Dan sesuai ketentuan, bagi calon prebekel incumbent wajib mengajukan cuti sejak ditetapkan sebagai calon prebekel,” tandas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Buleleng, Nyoman Agus Jaya Sumpena, Senin, 20 September 2021.

BACA JUGA:   LSM KoMPAK Datangi Komisi IV DPRD Buleleng

Sumpena memaparkan, dari 40 desa penyelenggara Pilkel Serentak Tahun 2021, ada 30 prebekel menjabat atau inkamben yang kembali mencalonkan diri sebagai Cakel.

“Sehingga, 30 incumbent ini wajib melaksanakan cuti sampai dengan penetapan cakel terpilih. Sementara untuk pelayanan pemerintahan desa, di tunjuk sekretaris desa sebagai Pelaksana Harian (Plh) prebekel,” jelasnya.

BACA JUGA:   Resmikan BLK-Komunitas, Ini Harapan Anggota Komisi IX DPR-RI

Ketentuan tugas fungsi Plh Prebekel sudah disiapkan dan segera disampaikan, antara lain hanya sebagai pelaksana tugas rutin pemerintahan desa yakni pelayanan administratif sampai dengan penetapan cakel terpilih.

“Plh Prebekel tidak boleh menetapkan Perdes, Peraturan Bersama Prebekel, Keputusan Prebekel, termasuk menetapkan APBDes,” pungkasnya. (kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × five =