Digerus Banjir, Senderan Sungai Tukadaya Jebol

0
42
Digerus Banjir, Tanggul senderan sungai Tukadaya jebol

JEMBRANA- Dirongrong banjir, tanggul pengaman sungai Tukadaya,di Desa Batu Agung, Kecamatan Jembrana, jebol. Jebolnya senderan tersebut diperkirakan terjadi beberapa waktu lalu, namun baru diketahui.

Pantauan Minggu, 14 Februari 2021, ada dua titik senderan di sisi utara jembatan penghubung antara Banjar Anyar dan Banjar Taman jebol ke dasar sungai. Jebolnya senderan, diperkirakan saat terjadi banjir besar beberapa waktu lalu.

Titik pertama jebolnya senderan terbuat dari batu bronjong berada di Timur jalan menuju Griya Mambal, masuk wilayah Banjar Taman. Lebih dari 30 meter batu bronjong ambles ke sungai. Dikhawatirkan, bila sungai kembali banjir, air dapat naik ke jalan, termasuk ke rumah warga yang ada di atas senderan.

Sedangkan titik jebol lainnya, berada di wilayah Banjar Anyar. Senderan terbuat dari batu campur semen sekitar volume 20 meter, tergerus ke dasar sungai. Sedangkan di titik lainnya, sedikitnya ada 5 meter pasangan senderan jebol, tertekan akar pohon asem yang tumbuh di pingir sungai tersebut.

Salah satu warga, Ida Bagus Nyana membenarkan musim penghujan membuat sungai kerap banjir, hingga mengerus senderan di sungai sebelah barat rumahnya.

“Jebolnya senderan di sungai ini, tidak terjadi berbarengan. Musim banjir tahun lalu sudah ada yang jebol. Terakhir jebolnya senderan diketahui sekitar sepekan lalu, sewaktu banjir besar melebihi batas tanggul, hingga kembali menggerus batu bronjong yang terpasang di sisi sebelah barat sungai,” terangnya.

Sedangkan jebolnya senderan dari beton, juga berbarengan saat banjir.

“Karena kerasnya tekanan air banjir, sedikit demi sedikit senderan yang tergerus di beberapa titik,” imbuhnya.

Kelian Banjar Ida Bagus Kade Darma dikonfirmasi terpisah menjelaskan, adanya kerusakan senderan di alur sungai Tukadaya yang melintasi wilayah banjarnya, sudah dilaporkan ke Pemkab Jembrana melalui desa. (ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here