Kabar Duka, Founder Agung Concern Group Tutup Usia

0
126

JAKARTA – Agung Toyota yang merupakan bagian dari Agung Concern Group yang telah berdiri lebih dari 66 tahun, berduka atas berpulangnya Founder perusahaan, Ny. Ostina Emanuel Pandjaitan S.S., M.Hum. (boru Nasution), yang akrab dipanggil “Ibu OE”. Ibu OE meninggal dalam usia 97 tahun, Kamis 11 Februari 2021 pukul 06.20 pagi di Rumah Sakit Abdi Waluyo Jakarta karena penyakit usia lanjut (tidak menular). Mendiang akan dimakamkan di San Diego Hills Memorial Park pada Jumat 12 Februari 2021.

Selain menjabat sebagai founder dari Agung Concern Group, Ibu OE juga menjabat sebagai Direktur Utama PT. Rei Sewindu, Direktur Utama PT. Induk Serangkai Agung, Ketua Yayasan Sumber Agung, dan Anggota Pengurus Kehormatan Persatuan Pengusaha Real Estate Indonesia sejak tahun 1989. Ibu OE adalah salah satu perempuan Indonesia pertama yang memimpin perusahaan berakta notaris.

Ibu OE mengawali karir sebagai seorang bidan, dan pernah menjabat sebagai Ketua I (Bidang Organisasi) Ikatan Bidan Indonesia pada 1972 hingga 1975, dan sempat mendirikan surat kabar “Harian Soember” bersama mendiang suami, Samuel Pandjaitan. Semangatnya untuk berbagi dan berkontribusi terhadap Indonesia tidak berhenti di sana. Ibu OE mendirikan perusahaan penyalur mobil Toyota pertama di Indonesia, dan berbagai usaha di bidang logistik dan transportasi.

Keinginan untuk tetap menuntut ilmu juga menjadi bagian dari karakter Ibu OE dan berhasil meraih gelar Sarjana Filsafat dari Universitas 17 Agustus 1945 saat berusia 67 tahun. Kemudian melanjutkan studi magisternya di Universitas Indonesia, dan berhasil menyelesaikan studi magisternya dengan gelar Master of Humaniora pada usia 73 tahun. Ibu OE sempat belajar administrasi perkantoran Bon A Bon B, mengikuti kursus filsafat, bahkan pernah juga mengikuti kursus menerbangkan pesawat di Los Angeles saat usianya menjelang 50 tahun. Pada usia 80 tahun, Ibu OE dipercaya menjadi Dekan Universitas 17 Agustus 1945. Walaupun belum sempat menyelesaikan program studi S3, Ibu OE tetap aktif dan memiliki kelompok diskusi Filsafat.

Ny. Ostina Emanuel Pandjaitan adalah sosok yang sangat inspiratif, dan telah memberikan banyak sumbangsih melalui Agung Concern Group serta kegiatan keorganisasiannya. Quotes yang selalu dikatakan Ibu OE, dan menjadi motivasi seluruh karyawan Agung Concern Group adalah,”Berpikir Lurus dengan hati Tulus, Otak Cerdas supaya Langkah Tegas, Hidup Jujur supaya Mujur.”

Ibu OE meninggalkan 3 orang anak, yakni Bukti Panjaitan (Chairman of Agung Concern Group), Ilham Panjaitan (CEO of Agung Concern Group), dan Harlal Todung Panjaitan (Comissioner of Agung Concern Group), 4 orang cucu, serta 6 orang cicit.

Segenap keluarga besar Agung Toyota, yang merupakan bagian dari Agung Concern Group, turut merasa kehilangan sosok pemimpin seperti Ibu OE. Semoga semangat beliau untuk berkontribusi terhadap Indonesia selalu menjadi motivasi bagi seluruh karyawan dalam bekerja dan memberikan pelayan terbaik.(pur/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here