Dishub Anggarkan Rp 18 M untuk 6.000 LPJ di Gianyar

0
124
ARTISTIK : Lampu penerang jalan dengan ornamen artistik di sepanjang Kota Gianyar.

GIANYAR – Dinas Perhubungan Kabupaten Gianyar menganggarkan Rp 18 miliar untuk biaya operasional lampu penerangan jalan (LPJ) dengan ornamen artistik yang terpasang di 64 desa dan 6 kelurahan.

Biaya tersebut hanya untuk tagihan PLN di tahun 2021. Sedangkan anggaran pemeliharaan belum final. “Kita rutin ada biaya pemeliharaan, tapi belum final karena masih proses verifikasi di provinsi” ungkap Kepala Dinas Perrhubungan Gianyar I Wayan Suamba, Kamis (17/12/2020).

Ia menilai biaya tagihan PLN mencapai miliaran rupiah itu cukup realistis karena diperuntukkan untuk 6.000 titik LPJ di Gianyar. “Secara umum dari APBD untuk operasional LPJ sebesar Rp 18 miliar ini mencakup LPJ di seluruh Gianyar. Sedangkan untuk biaya rutin pemeliharaan tercover dengan plot anggaran berbeda,”ujarnya.

Khusus di Kota Gianyar, LPJ lama diganti dengan 320 LPJ baru yang saat ini sedang dikerjakan oleh rekanan, termasuk pemasangan instalasi. “Sebelum akhir tahun pemasangan ditarget sudah tuntas,”katanya.

Suamba menambahkan, pemasangan instalasi listrik maupun telepon di alun-alun Gianyar dan depan Pasar Gianyar dengan sistem tanam dengan tujuan tidak mengganggu pemandangan. Sementara, lampu yang kini terpasang di sepanjang jalan menuju kota Gianyar mendapat garansi dari pihak distributor. “Jadi, jika ada kerusakan dalam kurun waktu lima tahun masih tanggung jawab distributor,”jelasnya.

Terkait lampu LPJ tidak menyala di sejumlah titik terutama di wilayah Tampaksiring yang sering dikeluhkan warga, Suamba minta permakluman karena pemasangan lampu dilakukan secara bertahap. (jay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here