Air Baku Nyanyi Sangat Keruh, Tak Bisa Diolah, Perumda TAB Siap Stok Air

0
62
KERUH : Air Yeh Sungi sebagai bahan baku air minum PDAM Tabanan di Banjar Nyanyi sangat keruh sehingga tidak bisa diolah

TABANAN – Hujan deras yang mengguyur wilayah kabupaten Tabanan, Senin (14/12/2020) mengakibatkan air baku di  Yeh Sungi di banjar Nyanyi, Kediri sangat keruh. Tingkat kekeruhan yang begitu tinggi membuat pengolahan air sulit dilakukan dan terpaksa dihentikan sementara.

Perumda Air Minum Tirta Amertha Buana Tabanan memastikan distribusi air bersih ke sekitar 3 ribu  pelanggan yang ada di wilayah Kediri bagian Selatan tidak terkendala pasokan air bersih.

“Kami punya cadangan air untuk disalurkan ke pelanggan sembari menunggu air baku bisa diolah kembali. Perlu waktu satu jam untuk penormalan, hanya saja jika intensitas hujan tinggi dan lama, barulah berpengaruh,” ungkap Kepala Bagian Hubungan dan Langganan Perumda Tirta Amertha Bhuana Budi Gunawan, Senin (14/12/2020).

Dijelaskan, untuk sumber air di Nyanyi ini melayani sekitar 3 ribu pelanggan mewilayahi Desa Pandak Bandung, Desa Nyitdah, Desa Pejaten, Desa Pandak Gede, Desa Beraban, dan Desa Buwit. Hanya saja karena tingkat kekeruhan air tinggi, sementara waktu pengolahannya dihentikan, namun tidak sampai mempengaruhi distribusi air ke pelanggan.

“Distribusi air menggunakan stok yang ada, Air masih normal dengan kualitas yang masih bagus,” jelasnya.

Meski demikian, pihaknya menekankan di musim hujan saat ini seluruh masyarakat tetap melakukan penampungan air. Ini untuk mempersiapkan sewaktu-waktu terjadi gangguan pipa bocor yang menyebabkan pendistribusian terganggu. Seperti banyak kemungkinan terjadi gangguan PLN akibat kayu roboh, mengingat pompa air juga menggunakan sumber PLN jadi bisa berpengaruh.

Selain itu jalur pipa di tebing bisa jadi longsor menyebabkan pipa tergerus. Dikatakan pula, selama tahun 2020 gangguan yang paling dominan terjadi beragam, dengan rata-rata keluhan mencapai 250 perbula . Keluhan yang diterima mulai dari pipa bocor, air mati, hingga meteran rusak.

“Tentang keluhan ini sudah ditangani dengan benar, begitu dilaporkan petugas  langsung bergerak ke lapangan, ” pungkasnya. (jon).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here