Duh, Dua Hektar Hutan di Bukit Payang Kintamani Terbakar

0
33

Petugas Kepolisian melakukan olah tempat kejadian perkara paska kebakaran hutan di Kimtamani

BANGLI—Kawasan hutan di wilayah Bukit Payang, Kintamani, terbakar, Selasa (29/9/2020) sekitar 17.00 Wita. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 23.00 Wita. Akibat amukan si jago merah ini, dua hektar hutan hangus.

Pasca kebakaran, tim identifikasi dari Polres Bangli, Rabu (30/9/2020) turun melakukan olah TKP. Tim langsung dipimpin Kapolres Bangli AKBP I Gusti Agung Dhana Ariawan, didampingi Kasat Intel Polres Bangli AKP I Made Budiarta, Kasat Sabhara Polres Bangli AKP IB Ketut Kariawan, enam orang dari BKSD, Polisi Kehutanan dan sejumlah personel Polres.
Kapolres Bangli AKBP Gusti Agung Dhana Aryawan seusai ke lokasi menyebutkan hasil olah TKP diitemukan titik api sebanyak 14 titik.

Sementara luas huta yang terbakar diperkirakan mencapai dua hektar. “ Kami perkirakan dua hektar hutan ludes terbakar,”paparnya.

Ditanya penyulut api yang mengakibatkan kebakarn hutan tersebut, jelas mantan Kapolres Mappi, Papua ini, pihaknya belum bisa memastikannya. Kata dia, tim masih bekerja di lapangan melakukan penyelidikan untuk mengugkap penyebab kebakaran.

“Petugas masih melakukan penyelidikan di lapangan,”ungkap dia.

Sementara berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, api kali pertama diketahui oleh seorang anggota Kesatuan Pengelolaan Hutan Konservasi (KPHK) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), I Wayan Laba (41) dari Desa Batur Selatan, sekitar pukul 17.17 Wita.

Selanjutnya, Laba bersama rekannya, Jero Mangku Dita (26) dan Gede Darmawan mendatangi lokasi yang di maksud dan didapati hutan di kawasan itu telah terbakar. Mereka kemudian menghubungi pihak pemadam kebakaran Kabupaten Bangli untuk membantu proses pemadaman.

Kemudian, dua mobil damkar dikerahkan ke TKP. Turut hadir dalam proses pemadaman api yakni dari Kepolisian Polres Bangli, Polsek Kintamani, TNI, dan dari pihak KPHK. Termasuk dibantu warga sekitar. (dus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here