Himbau Penerapan Protokol Kesehatan, Bupati Eka Gunakan Tiga Bahasa

0
112
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti

TABANAN – Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Tabanan untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19 terutama transmisi lokal. Berbagai cara dilakukan untuk terus bisa mengedukasi dan mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin dalam penerapan protokol kesehatan saat beraktivitas sebagai upaya mencegah penyebaran virus Covid-19. Salah satu terobosan yang dikemas Gugus Tugas kabupaten Tabanan yakni menyampaikan edukasi protokol kesehatan Covid-19 dengan menggunakan tiga bahasa yakni bahasa Indonesia, Bahasa Bali dan Bahasa Inggris.

Penyampaian rekaman suara dalam tiga bahasa tersebut oleh Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti akan diputar di sejumlah lokasi strategis di  Tabanan ini diharapkan bisa lebih mudah diterima  masyarakat luas. Ada sembilan point penting yang disampaikan Bupati Eka dalam tiga Bahasa dengan fasih.  “Contohnya saja penyampaian dengan bahasa Bali, pesan atau edukasi tentang penerapan protokol kesehatan akan mudah diterima terutama bagi lansia, begitupula dengan bahasa Inggris bisa dipahami oleh wisatawan asing yang berkunjung ke Tabanan, bahasa Indonesia bisa dipahami  anak-anak,”  jelas  Kepala Dinas  Kominfo Kabupaten Tabanan, I Putu Dian Setiawan, Rabu (5/8).

Himbauan dalam bentuk rekaman suara Bupati Tabanan tersebut diharapkan masyarakat akan tanpa sadar dan terbiasa untuk menerapkan prokes Covid-19 atau melakukan adaptasi kebiasaan baru untuk menuju Tabanan Aman dan Produktif. “Saat ini masih dalam finalisasi penyempurnaan, namun kemungkinan himbauan tersebut akan direalisasikan atau diperdengarkan pada minggu-minggu ini dan akan menjadi kebiasaan baru bagi masyarakat,” tandasnya.

Dalam himbauan tersebut  Bupati Eka Covid-19 adalah virus yang berbahaya dan bisa mengakibatkan kematian. Penularannya sangat cepat dan tidak bisa dianggap sepele. Terkait hal itu Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti secara terus menerus mengingatkan atau mengimbau masyarakat Tabanan agar mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penularan wabah ini.´ “Mari kita mencegah penularan Covid-19 dengan penuh kesadaran, disiplin dan komitmen bersama dalam mewujudkan Kabupaten Tabanan yang aman dan produktif,” ajak Bupati Eka.

Adapun sembilan himbauan yang disampaikan Bupati Eka meliputi, mengurangi ke luar rumah kecuali ada keperluan yang mendesak, memakai masker jika ke luar rumah, rajin mencuci tangan di air mengalir dengan memakai sabun atau hand sanitizer, menghindari tempat-tempat ramai dan selalu menjaga jarak aman minimal 2 meter dengan orang lain, menerapkan etika bersin dan batuk dengan menutup mulut/hidung menggunakan siku bagian tengah atau tisu bersih, mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat meningkatkan kebugaran/imun tubuh, menjaga kesehatan tubuh dengan melakukan olahraga secara teratur, menjaga kebersihan lingkungan, dan terakhir bila ada gejala demam, batuk, flu dan sesak napas agar segera menghubungi/melapor ke fasilitas kesehatan terdekat. (jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here