Gianyar

Sembilan Usaha Wisata di Gianyar Ajukan Permohonan Beroperasi, Satu Terverifikasi

GIANYAR – Menjelang penerapan new normal, baru sembilan akomodasi wisata dan objek wisata di Kabupaten Gianyar mengajukan verifikasi untuk bisa beroperasi.

Data Dinas Pariwisata Gianyar, permohonan sertifikasi tatanan new normal yang dikirim melalui email yaitu Bali Safari n Marine Park, Bali Zoo, Taman Nusa, Beingsattvaa Retreat, Gunung Merta Bungalow, Green Bird Villa, Sanctoo Suites n Villas, Aksari Resort Ubud dan Bali Bird Park.

Dari permohonan tersebut, baru Bali Safari n Marine Park yang telah terverifikasi. Sedangkan lainnya masih menunggu jadwal. “Semua objek dan akomodasi wisata harus terverifikasi. Syarat pengajuannya dengan mengisi form assesement, pakta integritas dan dikirim ke email Dispar Gianyar,” jelas Kepala Dinas Pariwisata Anak Agung Putrawan, Rabu (8/7/2020).

BACA JUGA:  Eks Sekda Wisnu Wijaya Minta Restu ke Sulinggih

Khusus Monkey Forest Ubud dan Pura Tirta Empul, Tampaksiring, memang dijadikan pilot project dalam tatanan new normal. “Di luar Monkey forest dan Tirta Empul, baru satu yang sudah kita verifikasi yaitu Bali safari dan sudah kita serahkan sertifikasinya,” ungkapnya.

Verifikasi, kata Anak Agung Putrawan, meliputi kesiapan pelaku usaha menjalankan protokol kesehatan yang sifatnya wajib, kesiapan SDM di tempat usaha terkait protokol kesehatan serta fasilitas protokol kesehatan.

Sementara, terkait dimulainya penerapan new normal, Kamis (9/7/2020), tidak ada persiapan khusus atau mengadakan sebuah ceremonial pembukaan. Pihaknya hanya fokus untuk memverfikasi kesiapan objek dan akomodasi pariwisata yang telah mengajukan permohonan. “Secara khusus tidak ada. Kami memverifikasi usaha yang telah mengajukan permohonan,”tandasnya.

Ia menambahkan, masih banyak usaha pariwisata yang belum mengajukan verifikasi seperti hotel, restoran maupun usaha wisata lainnya.  “Intinya Gianyar sudah siap. Meskipun sudah boleh beroperasi tapi daya tampung dibatasi sampai 50% dari keadaan normal,”tegasnya. (jay)

Back to top button