Gorong-gorong di Banjar Buruan Dipenuhi Sampah

0
92
Petugas BPBD membersihkan sampah pada gorong-gorong.
Petugas BPBD membersihkan sampah pada gorong-gorong.
GIANYAR, Tumpukan sampah memenuhi gorong-gorong di Banjar Buruan, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar. Akibatnya,  luapan air dan sampah memenuhi jalanan.
Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar Ida Bagus Dibya Prasesta mengatakan, pihaknya mendapat laporan adanya luapan air got atau gorong-gorong mampet di Banjar Buruan, Desa Buruan, Blahabtuh, Rabu (22/6/2022).
Petugas BPBD bersama Tim TRC turun dengan peralatan dan armada untuk menangani kejadian tersebut.
“Kami mendapatkan laporan pagi hari adanya luapan air yang mengganggu pengguna jalan dan warga sekitar,” ujarnya.
Petugas cukup kesulitan untuk mengatasi luapan air tersebut. Sebab, kondisi gorong-gorong telah tertutup plat beton. Sementara, sampah yang menumpuk jauh di dalam plat.
“Petugas kita harus menggunakan tenaga ektra, bahkan harus sedikit menyelam masuk ke dalam gorong-gorong yang dipenuhi air,” ujarnya.
Penanganan gorong-gorong mampet berlangsung dari pukul 09.00 Wita hingga pukul 11.15 Wita. Sampah yang berhasil diangkut berupa drum plastik yang menyumbat gorong-gorong dan sampah plastik yang tidak bisa terbawa aliran air.
“Isi drum plastik dan sampah-sampah plastik yang menumpuk. Kalau tidak ditangani jalan bisa cepat rusak dan kawasan pun terancam kumuh,” ujarnya.
Dibya berharap kepada masyarakat setempat baik di hulu dan di hilir yang dilalui aliran air agar sadar untuk tidak membuang sampah ke gorong-gorong karena risikonya cukup tinggi. Selain jalan menjadi rusak, lingkungan juga menjadi kumuh. “
Kami harap masyarakaat agar lebih sadar pentingan menjaga lingkungan,” tandasnya.  (jay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × five =