Bupati Giri Prasta Lepas 77 Jemaah Calon Haji Kabupaten Badung, Doakan Bisa Kembali Dengan Selamat Dapat Predikat Haji Mabrur

0
91
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta melepas Jamaah Calon Haji Kabupaten Badung di Ruang Kertha Gosana, Puspem Badung

MANGUPURA- Atas nama Pemerintah Kabupaten Badung, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyampaikan terima kasih kepada lembaga, instansi dan semua pihak terkait yang telah bekerja keras memberikan pelayanan maksimal kepada Jemaah Calon Haji Kabupaten Badung tahun 2022.

“Kami mengucapkan selamat jalan kepada seluruh Jemaah Calon Haji Kabupaten Badung Tahun 2022 dengan iringan doa, semoga selalu dalam lindungan dan bimbingan dari Allah, dapat menjalankan seluruh rangkaian Ibadah Rukun Islam Ke-5 dengan baik, dan kembali ke tanah air dengan selamat dan mendapatkan predikat Haji Mabrur, Amin Ya Rabbal Alamin, Haji Indonesia Mabrur Sehat Barokah,”ujar Bupati Nyoman Giri Prasta saat memimpin acara Pelepasan 77 Jemaah Calon Haji Kabupaten Badung Tahun 2022, Rabu (22/6/2022) bertempat di Ruang Kertha Gosana Puspem Badung.

Turut hadir Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali, Kepala OPD terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, Kasi/Penyelenggara di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Badung, Kepala KUA Se-Kabupaten Badung, Ketua MUI Kabupaten Badung, Ketua IPHI Kabupaten Badung, Ketua SAHI Kabupaten Badung, Ketua PC Nahdlatul Ulama Kab. Badung, Ketua PD Muhammadiyah kab. Badung, Pimpinan Bank Penerima Setoran BPIH, Ketua KBIH Wali Songo Kabupaten Badung dan Ketua KBIH Amanah Kabupaten Badung.

Bupati Giri Prasta menambahkan, kesiapan Kabupaten Badung dalam menyambut pelaksanaan Ibadah Haji tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Departemen Agama sudah maksimal sekali di segala bidang. Dimana selama ini pihaknya bersama instansi terkait selalu menjalin komunikasi dengan pihak Kementrian Agama maupun dengan pemerintah Arab Saudi terkait adanya perubahan sistem tentang usia Jamaah calon haji tidak boleh lebih dari 65 tahun.

“Mungkin regulasi ini diambil karena masih dalam situasi epidemi dan suhu di sana lebih dari 50 derajat celcius, selanjutnya kami di Kabupaten Badung sudah menyiapkan 2 pendamping haji agar calon Jemaah Haji kami ini betul-betul mendapatkan pelayanan yang bagus sehingga niat untuk ke tanah suci berjalan lancar,”imbuhnya.

Disamping itu disebutkan Bupati Giri Prasta, sebelum dilaksanakan keberangkatan Jemaah Calon Haji ke Embarkasi Surabaya, Kabupaten Badung melalui instansi terkait bersinergi dengan MUI telah melaksanakan Manasik Haji dalam rangka memberikan pemahaman keagamaan kepada para Calon Jemaah Haji.

“Keberangkatan Jemaah Calon Haji ke Embarkasi dibantu sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten Badung, kami juga sudah berkoordinasi dengan para Jamaah Calon Haji yang awalnya ingin berangkat menggunakan pesawat, bahwa secara tegas kami bersama panitia melarang agar jangan sampai jadwal yang sudah ditetapkan tidak nyambung, maka kami putuskan untuk menggunakan jalur darat dan kami pastikan itu gratis sampai ke embarkasi dan saat kepulangan pun akan kami jemput,”pungkasnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Badung Komang Giriyasa melaporkan kuota Jemaah Calon Haji Kabupaten Badung sebanyak 77 orang, yang mana Jamaah termuda berumur 24 tahun dan yang tertua berumur 64 tahun.

“Atas kebijakan Bapak Bupati disiapkan 2 orang selaku pendamping Jemaah Calon Haji, untuk itu kami menyampaikan terimakasih kepada Bapak Bupati beserta jajaran karena telah banyak membantu mensukseskan pelaksanaan ibadah haji di Kabupaten Badung tahun 2022 ini,”ujarnya. (litt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 + 17 =