Penyidik Main Telikung, Sidang Penganiayaan Bule Tanpa Kuasa Penuntut Umum

0
512
luka memar
bule asal serbia bernama Ivana Radosavljevic yang menjadi korban penganiayaan terdakwa Mario Espocato

KARANGASEM—Diam-diam penyidik Polres Karangasem mengajukan persidangan terhadap perkara penganiayaan dengan tersakwa Mario Espocito asal Jerman ke Pengadilan Negeri (PN) Karangasem, Kamis (20/1/2022)
.
Humas PN Karangasem Cokorda Suryalaksana, membenarkan perkara tipiring dengan terdakwa Mario Espotico itu.

“Ya, tadi sore perkaranya sudah disidangkan. Hakim Adit menjatuhkan vonis kepada terdakwa 1 bulan dengan masa percobaan satu tahun,” kata Cok Surya.

Tapi yang menjadi aneh dalam penanganan perkara itu, penyidik terlihat main telingkung. Pasalnya pelimpahan perkara ke PN Karangasem, tanpa ada kuasa dari Penuntut Umum, seperti diatur dalam Pasal 208 ayat (2) KUHAP.

Kasat Reskrim Polres Karangasem AKP Aris Setiyanto, tidak bisa dikonfirmasi berkaitan hal itu. Dihubungi melalui sambungan applikasi WhatsApp, terdengar nada sambung namun yang bersangkutan tidak mau mengangkat.

Sementara itu, Kasipidum Kejari Karangasem Erwin Rionaldy Koloway SH, melalui Kasi Intel I Dewa Gede Semara Putra, mengakui, ada surat dimulai penyidikan atas pemukulan bule itu. Namun, sampai saat ini berkas perkaranya belum ada diserahkan kepada jaksa peneliti yang ditunjuk Kejari Karangasem.

“Informasinya sidang digelar sore, hakim yang menyidangkan juga sudah mengeluarkan putusan atas perkara itu,” terang IDG Semara Putra.

Seperti diketahui, terdakwa melakukan penganiayan kepada teman wanita asal Serbia bernama Ivana Radosavljevic, di vila Purwakerti, 8 Oktober 2021, sekitar pukul 02.20 WITA.

Dalam perkara itu, penyidik memasang pasal 352 KUHP, tentang penganiayaan ringan, dengan acaman hukuman 3 bulan penjara. Ancaman pasal yang dipasang penyidik juga dinilai sangat aneh. Pasalnya, dalam perkara itu, korban mengalami luka serius pada wajah dan bibir dan terdakwa melakukan perusakan pada pila tempat korban menginap. (wat/jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five + 14 =