Denpasar Festival 2021 Digelar di Empat Kecamatan

0
500
Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara jumpa pers terkait pelaksanaan Denfest di Gedung DNA, Selasa (7/12/2021).
Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara jumpa pers terkait pelaksanaan Denfest di Gedung DNA, Selasa (7/12/2021).

DENPASAR – Denpasar Festival (Denfest) digelar mulai Jumat (10/12/2021)- 23 Desember 2021. Kegiatan yang memasuki tahun ke-14 ini tidak lagi dipusatkan di Patung Catur Muka, tapi “ Nyatur Desa” yaitu menyebar di empat kecamatan dengan tujuan mencegah terjadinya kerumunan.

Acara seremonial dilaksanakan secara offline di Gedung Dharma Negara Alaya. Sedangkan event-nya di Plaza Pasar Badung, Wantilan Desa Adat Poh Gading di Kecamatan Denpasar Utara, Banjar Abasan Tegal Buah (Denpasar Barat), Wantilan Pengerebongan Kesiman Petikan (Denpasar Timur), Wantilan Desa Adat Renon (Denpasar Selatan) dan Pantai Merthasari Muntig Siokan, Sanur.

Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara mengatakan, tema Denfest tahun ini adalah Arsa Wijaya yakni “Kemenangan Harapan”.
“Tema ini menjadi petanda dan perayaan bahwa kreativitas adalah kekuatan untuk mengatasi kesulitan, terutama dalam krisis multidimensi pandemi Covid-19,”kata Jaya Negara saat jumpa pers, Selasa (7/12/2021) di Gedung Dharma Negara Alaya.

Program Denfest tahun ini tak hanya mementingkan aspek hiburan, tapi memberikan kesempatan atau ruang kreativitas bagi kreator dan pelaku UKM sebagai program padat karya berbasis seni budaya. Ada 1.400 seniman, musisi, dan UKM yang dilibatkan dan menjalani swab antigen sebelum tampil.

Ia menjelaskan, Denfest sebagai event tahunan Kota Denpasar telah terkurasi dan terpilih sebagai salah satu festival berskala nasional dari gelaran bergengsi Kharisma Event Nusantara (KEN) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Terpilihnya Denfest tidak terlepas dari konseptualisasi yang bertemu pada aspek kreativitas berbasis inovasi dan teknologi digital, aspek kolaborasi berbasis potensi lokal dan pemberdayaan masyarakat dan juga aspek penerapan protokol kesehatan, CHSE yaitu cleanliness atau kebersihan, Health yakni kesehatan, safety yakni keamanan dan Environment Sustainability atau kelestarian lingkungan yang ketat.

Menimpali Jaya Negara, Kadis Pariwisata Denpasar Dezire Mulyani menambahkan, setiap lokasi kegiatan telah didata dan disesuaikan kebutuhan terhadap daya dukung yang tersedia dengan proses terdeteksi melalui pemindaian QR Code aplikasi PeduliLindungi dengan harapan seluruh masyarakat merasa aman dan nyaman selama menyaksikan maupun mengunjungi Denfest dengan disiplin prokes.

“Denfest mendorong adaptasi partisipasi dan penonton agar menikmati secara virtual melalui live streaming yang disiarkan pada kanal YouTube kreativi denpasar,”ujarnya. (sur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen + 14 =