Bali Waspada Pesilat Jawa Barat di PON Papua

0
130
waspada
PESILAT PON Bali akan selalu waspada termasuk hadapi rival Jawa Barat

DENPASAR – Awas Jawa Barat (Jabar)! Kata-kata itu pantas diberikan kepada tim silat PON Bali saat berlaga di PON XX/2020 yang digelar tahun 2021 di Papua pada 6-12 Oktober 2021 di GOR Toware.Pesilat Bali harus waspada dengan pesilat Jabar lantaran provinsi itu meraih juara umum pada pra-PON 2019 silam. Bali sendiri bercokol di posisi runner up dengan 5 medali emas, 7 perak dan 5 perunggu. 

Menurut pelatih tim silat PON Bali I Gusti Made Semarajaya, rival utama di PON Papua nanti memang Jawa Barat lantaran banyak memiliki wakil di pra-PON silam dan kerapkali bertemu pesilat Bali di tahap-tahap penting di even nasional maupun internasional.

BACA JUGA:   Piala Walikota Jambi, Ajang Pengukuran Skill Temi dan Nadya

“Jawa Barat telah mempersiapkan diri melalui TC sentralisasi selama setahun. Namun kami tak gentar dan tetap berjuang untuk bisa setidaknya mempertahankan raihan seperti saat pra-PON silam,” kata Gusti Semarajaya, Rabu 15 September 2021.

Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Provinsi Bali mengutarakan, mempertahankan 5 emas memang cukup berat di PON Papua. Lima emas itu dirincinya di kategori tarung 4 emas dan 1 emas lagi dari kategori seni beregu putra. Pelatih dari perguruan Bakti Negara itu mengakui perkembangan silat saat ini kian merata antar Provinsi. Baik kemampuan teknik, gerakan, dan skill juga berimbang dan hampir sama.

BACA JUGA:   KPU Sebut Tingkat Partisipasi Pemilih Pilwali Denpasar Capai 54 %

Saat ini lanjutnya, semuanya tergantung kematangan dan pengalaman di atas matras saja. Sehingga yang menentukan meraih medali hanya mental atlet itu sendiri.

“Bali akan menurunkan 12 pesilat dikategori tarung dan 4 nomor seni sehinggatotal 21 pesilat,” jelas Gusti Semarajaya.

Para atlet peraih emas di pra-PON lalu kembali menjadi tumpuan Bali di PON Papua yakni I Gede Arya Widhyantara kelas C Putra, Komang Widia Mahardika kelas D Putra, Komang Harik Adi Putra kelas E Putra, Ni Made Sindi Maharani kelas F Putri dan satu emas beregu putra Putu Yudi Surya Pratama, Made Ananta Pradnya dan I Kadek Adi Santoso. (ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 + sixteen =