TabananUmum

Diterima Wakapolres, Ombudsman Tinjau Pelayanan Publik Polres Tabanan

TABANAN – Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik di Polres Tabanan, tim dari Ombudsman RI perwakilan Bali meninjau secara langsung pelayann publik yang ada di Polres Tabanan,  Rabu 9 Juni 2021. Tim dari Ombudsman tersebut melakukan monitoring pelayanan publik dan pengambilan data pemerintah daerah dalam rangka pelaksanaan survey kepatuhan pemerintah daerah terhadap pelaksanaan Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik tahun 2021 di Kabupaten Tabanan. Rombongan dari Ombudsman RI perwakilan Bali ini diterima  Wakapolres Tabanan Kompol I Ketut Gelgel

Tim  Ombudsman RI perwakilan provinsi Bali  terdiri dari  asisten ombudsman I Nyoman Agus Santika,  Dewa Made Krisna Adhi Sanjaya dan  Yoseph Dika Prasatya , sebagai analis tata usaha langsung mengunjungi  Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu ( SPKT ) Polres Tabanan. Saat penerimaan Tim Ombudsman tersebut Waka Polres Tabanan didampingi Kabag perencanaan Polres Tabanan, Kasi Pengawasan dan Kasi Propam.

Sasaran monitoring dari Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bali tersebut meliputi bidang pelayanan SIM, Kode Etik Pelayanan SIM, Indek Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan SIM,  Mekanisme prosedur penerbitan SIM, Maklumat pelayanan SIM. Selain itu, juga meninjau pojok informasi pelayanan masyarakat sprint pemandu pelayanan, visi misi, motto dan janji pelayanan SIM,  standar pelayanan SIM, syarat permohonan SIM, biaya PNBP SIM, nomor antrean Informasi pelayanan SIM melalui website Polres Tabanan dan website Lantas, piagam penghargaan. Tim Ombudsman juga melihat secara langsung profil pelaksana pelayanan Satpas, mekanisme pengaduan, standar waktu penerbitan SIM, pemeriksaan toilet, ruang menyusui dan tempat permainan anak.

BACA JUGA:   IRT Tewas Mengenaskan Tertimpa Truk Angkut Minuman Ringan

Sedangkan pada pelayanan BPKB meliputi mekanisme penerbitan BPKB dan standar pelayanan BPKB. Untuk pelayanan SPKT, meliputi Indek Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan SIM Sprint penugasan pelayanan surat tanda penerimaan laporan Polisi maupun kehilangan, standar dan pelaporan serta alur pelaporan visi misi pelayanan SPKT

Pada pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) tim mengecek standar pelayanan SKCK, maklumat pelayanan SKCK, SOP pelayanan SKCK, Indek Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan SKCK, visi misi pelayanan SKCK  dan Biaya PNBP SKCK. Pada pelayanan Pengaduan Masyarakat (DUMAS)  yang dilihat berupa alur pengaduan, prosedur dan tata cara penyampaian pengaduan pelaporan masyarakat Presisi, maklumat pelayanan pengaduan masyarakat, SOP pelayanan pengaduan masyarakat dan sprint petugas pelayanan pengaduan masyarakat.

Dari hasil peninjauan,  Tim Monitoring Ombudsman Bali menyampaikan kepada Wakapolres Tabanan, pada Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Polres Tabanan secara umum indikator pelayanan sudah terpenuhi. Hanya belum tercantum jangka waktu yang diperlukan dalam alur pengaduan Dumas Presisi dan hanya tercantum pada SOP Dumas Presisi.

“Kami berterima kasih kepada Tim Ombudsman RI perwakilan provinsi Bali yang telah melakukan monitoring terhadap pelayanan publik di Polres Tabanan serta segala petunjuk dan arahan untuk pelayanan Polres yang lebih baik akan ditindaklanjuti untuk pembenahan kearah lebih baik,” ungkap  Kompol Gelgel. (jon)

Back to top button