Air Got Berubah Warna, Warga Sebatu Terganggu Bau Busuk

0
132
Drainase di Banjar Sebatu keluarkan aroma busuk akibat limbah rumah tangga.

GIANYAR – Drainase (got) di Banjar/Desa Sebatu, Kecamatan Tegalalang, Gianyar, kumuh. Air berwarna hitam bercampur sampah menggenang hingga mengeluarkan aroma tak sedap.

Informasi yang dihimpun, kondisi drainase itu berasal dari limbah rumah tangga seperti air sabun mandi dan sisa makanan. Warga setempat dibantu TNI berusaha menghilangkan aroma busuk menggunakan cairan eco enzim. Namun, upaya itu belum membuahkan hasil karena adanya timbunan limbah baru.   “Selama ini limbah rumah tangga hanyut melalui saluran irigasi, tapi sekarang saluran irigasi mengering sehingga limbah menggenang,”kata sumber, Rabu 9 Juni 2021.  

BACA JUGA:   Hotel Karantina Pasien Covid-19 di Desa Mas Diyakini Berhantu, Pemkab Gianyar Datangkan Pemangku

Perbekel Sebatu Wayan Tangsi Asrama tidak menampik kondisi drainase akibat limbah rumah tangga. “Dahulu tidak sampai terjadi karena langsung hanyut. Sekarang sedang ada perbaikan saluran irigasi sehingga menggenang hingga menimbulkan bau busuk,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Desainer Dewi Aryani Sukses Garap Fashion Show Layangan Pertama di Bali

Pihaknya berkoordinasi dengan kelian supaya tidak ada lagi warga membuang limbah rumah tangga ke saluran drainase. “Mudah-mudahan dengan kejadian ini, masyarakat sadar dan tidak lagi membuang limbah rumah tangga ke saluran drainase,” harapnya.

BACA JUGA:   Di Klungkung Denyut Pasar Galiran Tetap 24 Jam, Tak Terdampak PKM

Sementara, Camat Tegalalang I Komang Alit Adnyana mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan berbagai upaya untuk menghilangkan bau. “Kami ajak warga untuk gotong royong, tapi karena limbahnya terlalu banyak sehingga tidak kuat. Intinya dengan kejadian ini, kami terus melakukan edukasi supaya warga tidak lagi membuang limbah rumah tangga secara sembarangan,” ujarnya. (jay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here