Bale Pawedan Pura Penataran Agung Catur Parhyangan Linggih Bhatara Mpu GanaTersapu Angin ‘Ngelinus’

0
7686
Bale Pawedan Pura Penataran Agung Catur Parahyangan Ratu Pasek Linggih Bhatara Mpu Gana di Dusun Punduk Dawa Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, ambruk diterjang angin ngelinus

KLUNGKUNG- Hujan deras disertai angin ngelinus (kencang) yang terjadi Minggu 28 Februari 2021, benar-benar memunculkan bencana dimana-mana. Di Kabupaten Klungkung, tidak saja bencana pohon tumbang, longsor ‘mengepung’ juga bencana menimpa bangunan suci di Pura Penataran Agung Catur Parahyangan Ratu Pasek Linggih Bhatara Mpu Gana di Dusun Punduk Dawa Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan.

Bale Pawedan yang ada di pura setempat ambruk karena diterjang angin kencang. Saat kejadian sejumlah pemedek hendak menghaturkan sembahyang. Mereka sempat berteduh di bale pawedan,karena hujan deras. Syukurnya, pemangku pura setempat meminta pemedek pindah tempat berteduh, mengingat cuaca tidak bersahabat. Begitu pemedek pindah tempat, bale pawedan langsung ambruk.

Dua orang dikabarkan mengalami luka ringan dan sudah mendapat perawatan di RSU Klungkung. “Informasi yang saya dapatkan, kejadiannya antara pukul 14.00 wita hingga pukul 15.00 wita. Saat itu cuaca sempat cerah,begitu mendung langsung turun hujan deras disertai angin kencang,” ungkap Perbekel Desa Pesinggahan Nyoman Suwastika kepada wartawan. Kata Suwastika ada juga rumah warga Punduk Dawa gentengnya berhamburan.

“Di Bukit Sangluh ada pohon tumbang menimpa rumah warga. Untungnya tidak ada korban jiwa,” kata Suwastika seraya mengimbau warganya untuk waspada. ” Saya imbau kalau ada pohon membahayakan agar secepatnya ditebang. Segera mengevakuasi diri jika kondisinya sudah membahayakan,” imbuhnya.

Bupati Suwirta juga sempat meninjau Pura Parahyangan Ratu Pasek Mahagotre Sanak Sapta Rsi Punduk Dawa Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan. Sebelumnya Suwirta sempat mengecek kejadian serupa di Desa Dawan Kaler. Ia meminta BPBD mendata rumah warga yang rusak akibat bencana dan segera menyetorkan kepada dirinya.

Di pihak lain Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta juga berkeliling mengecek lokasi bencana di sejumlah tempat. (yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here