Cegah Klaster Rutan, Polres Buleleng Sediakan Layanan Video Call

0
205


BULELENG – Untuk mencegah terjadinya klaster atau lokasi penyebaran Covid-19 di rumah tahanan (rutan) Polres Buleleng, Satuan Tahanan dan Barang Bukti (Sattahti) Polres Buleleng tak hanya meningkatkan upaya desinfeksi dan pengetatan pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) terhadap tahanan. Terlebih, saat ini Rutan Polres Buleleng dengan kapasitas terbatas mendapatkan titipan 5 orang tahanan, kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bantuan Dana PEN Pariwisata dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Buleleng.

“Untuk mencegah karumunan saat jam besuk, atau kunjungan sanak keluarga dari para tahanan, kami sediakan layanan vidio call via handphone,” ungkap Kepala Satuan Tahanan dan Barangn Bukti (Kasattahti) Polres Buleleng, Ipda Made Anayasa, Kamis, 25 Februari 2021 usai memantau kegiatan besuk di Rutan Polres Buleleng.


Seijin Kapolres AKBP I Made Sinar Subawa, mantan KBO Satresnarkoba Polres Buleleng ini menandaskan, layanan vidio call bagi tahanan, merupakan salah satu implementasi dari pelasanaan prokes, yakni menjaga jarak atau menghindari kerumunan agar tidak tertular atau menularkan Covid-19.

“Disamping kaerna ruangan tahanan yang terbatas, sementara jumlah tahanan sudah maksimal, maka upaya yang kita lakukan untuk bisa mengurangi kerumunan adalah dengan layanan vidio call. Dengan ketentuan saat berkomunikasi tahanan tetap didampingi oleh petugas,” tandasnya.

Selain membatasi kerumunan, tahanan Polres Buleleng juga secara rutin diajak berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh, meskipun dengan melakukan olahraga ditempat.

“Tahanan kita wajibkan makan dan olahraga untuk menjaga imunitas, agar tidak terpapar Covid-19,” pungkasnya. (kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here