Perayaan Imlek di Buleleng dengan Prokes Ketat, Ini Ramalan Ciamsi

0
112
Persembahyangan Hari Suci Imlek 2572 di Klenteng Ling Guan Kiong, dilakukan dengan protokol kesehatan ketat

BULELENG – Peringatan Tahun Baru Imlek Tahun 2572 yang jatuh pada Jumat, 12 Februari 2021, tetap dirayakan umat Konguchu di Kabupaten Buleleng. Sesuai dengan imbauan pemerintah, rangkaian peringatan Hari Suci Imlek yang dipusatkan pada Klenteng Ling Guan Kiong di Kawasan Eks Pelabuhan Buleleng digelar secara sederhana hanya oleh rohaniawan dan pengurus klenteng.

“Rangkaian persembahyangan hanya dilakukan oleh rohaniawan, termasuk tradisi ciamsi pada puncak pergantian tahun Imlek 2571 menuju Tahun Imlek 2572, tidak ada pertunjukan Barongsai maupun pesta kembang api,” tandas Gunadi selaku penasehat rohaniawan Tri Dharma.

Ditambahkan, rangkaian persembahyangan dilakukan sejak Kamis, 11 Februari 2021 sore.

“Pelaksanaan persembahyangan dibatasi untuk menghindari kerumunan. Sesuai imbauan pemerintah, kegiatan ritual keagaman di Klenteng Ling Guan Kiong kami lakukan sesuai dengan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dan cek suhu tubuh dengan thermogun,” ungkapnya.

Pelaksanaan persembahyangan hingga ritual Ciamsi, hanya dilakukan rohaniawan dan pengurus tempat ibadah.

“Seluruh rangkaian kegiatan persembahyangan diawasi ketat oleh aparat keamanan dan Satgas Covid-19, termasuk persembahyangan yang digelar hari ini, hingga pukul 13.00 Wita,” tandasnya.

Terkait ramalan Ritual Ciamsi, Gunadi mengungkapkan pada Tahun Imlek 2572 dengan Shio Kerbau Logam, kondisi perekonomian belum berubah. Sesuai karakter kerbau, umat harus bekerja keras untuk bisa hidup dalam suasana Pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

“Ciamsi tadi malam menggambarkan kesulitan-kesulitan yang masih akan dihadapi. Ini kenyataan dan tidak bisa dipungkiri, jadi masih ada sisa-sisa yang dibawa tahun lalu, itu belum tuntas. Sekarang, kita harus dengan tanpa menyerah betul-betul dengan disiplin yang tinggi, niscaya kesulitan yang terbawa tahun lalu bisa diatasi dengan baik,” tandas Gunadi sembari menegaskan, tahun ini akan lebih baik bila semua semangat dan disiplin untuk mewujudkan keinginan yang diharapkan. (kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here