Optimalkan Validitas Data, Buleleng Gulirkan SLRT-Puskesos

0
54
Sekda Buleleng Gede Suyasa Resmikan Ruang Layanan SLRT-Puskesos

BULELENG – Berbagai terobosan untuk mengoptimalkan validitas data kesejahteraan sosial, terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng. Salah satunya menggulirkan Sistem Layanan Rujukan Terpadu dan Pusat Kesejahteraan Sosial (SLRT-Puskesos) melalui Dinas Sosial Kabupaten Buleleng. Selain mendapatkan database kependudukan yang valid, SLRT-Puskesos juga diharapkan dapat meminimalisir permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat.

“Dengan adanya layanan SLRT-Puskesos di desa/kelurahan ini, diharapkan masalah validitas data tentang kesejahteraan sosial dapat diminimalisir,” tandas Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, Selasa (22/12/2020) usai meresmikan Ruang Layanan SLRT-Puskesos.

Mewakili Bupati Buleleng, mantan Asisten II Setda Buleleng ini menegaskan SLRT-Puskesos yang terkoneksi pada 148 Desa/Kelurahan di Kabupaten Buleleng juga mempermudah penganggaran masalah sosial.

“Jika datanya valid, maka anggaran yang disiapkan untuk membiayai masalah sosial akan lebih mudah dan tepat sasaran,” jelasnya. Sehingga tidak ada lagi masyarakat yang merasa didiskriminasi.“Tidak ada lagi masyarakat yang merasa dikucilkan atau tidak diberikan keadilan. Ini menjadi solusi dalam hal menjawab persoalan sosial,” tegasnya.

Kepala Dinsos (Kadinsos) Kabupaten Buleleng Putu Kariaman Putra mengatakan, SLRT-Puskesos memiliki peranan penting bagi warga masyarakat yang rentan miskin, miskin, disabilitas maupun lansia untuk mendapatkan layanan program sosial. Dengan SLRT-Puskesos masyarakat terbantu dalam rangka pemutakhiran data yang valid berdasarkan instrumen yang sudah ditentukan dalam aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG).

“Masyarakat yang di cover disesuaikan dulu dengan aplikasi, masyarakat yang sesuai dengan ketentuan akan diajukan melalui SLRT ke Kemensos. Kemudian keluar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sesuai dengan instrumen yang sudah ditentukan,” terangnya. (kar) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here