TOK ! Jerinx SID Divonis 1 Tahun 2 Bulan Penjara

0
116
PUTUSAN : Terdakwa I Gede Ari Astina alias Jerinx SID divonis 1 tahun 2 bulan penjara.

DENPASAR – Terdakwa kasus pencemaran nama baik dan ujaran kebencian I Gede Ari Astina alias Jerinx SID divonis 1 tahun 2 bulan (14 bulan)  penjara dalam sidang putusan di Pengadilan Negeri Denpasar, Kamis (19/11/2020).

“Terdakwa terbukti bersalah menyebarkan informasinya yang menebarkan kebencian,” tegas Ketua Majelis Hakim I.A Adnyadewi didampingi dua hakim anggota, Made Pasek dan Dewa Budhi Watsara.

Vonis hakim lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang diketuai Otong Hendra Rahayu dengan anggota jaksa Bagus Swadarma, Faisal Agung dan Evy Widiarini yaitu hukuman 3 tahun penjara dan denda Rp10 juta, subsider 3 bulan kurungan.

Pertimbangan hakim memberikan keringanan hukuman karena terdakwa menyesali perbuatannya bersalah, membantu masyarakat yang tidak mampu saat pandemi, menjadi tulang punggung keluarga serta memiliki kerabat masih kecil.

Tidak hanya hukuman fisik, hakim I.A Adnyadewi juga menjatuhi hukuman denda Rp 10 juta subsider 1 bulan penjara. “Menetapkan masa penangkapan dan penahanan yang dijalani terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan dan menetapkan terdakwa tetap ditahan,” ungkap hakim.

Dalam pembacaan amar putusan, hakim sependapat dengan pasal yang dikenakan jaksa yakni menjatuhi terdakwa melangar Pasal 28 ayat 2 jo Pasal 45A ayat (2) UU No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo Pasal 64 ayat 1 ke 1 KUHP.

Mendengar putusan hakim itu, Jerinx didampingi kuasa hukum Gendo dkk. menyatakan pikir-pikir selama satu minggu. Demikian juga dengan jaksa menyatakan pikir-pikir atas putusan hakim. (wat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here