Geliat Usaha Kecantikan Dimasa Pandemi, Manfaatkan Penjualan Online

0
45

DENPASAR – Meski pandemi, namun mas iniyarakat terutama kaum perempuan tetap harus merawat diri. Kini kaum perempuan memilih  bahan perawatan tubuh yang alami yang mulai banyak dipasarkan terutama secara online memanfaatkan toko online atau lewat market place. Hal ini terlihat dari peningkatan transaksi secara online , meski secara manual masih tetap ada.

Para pegusaha ini mempertahankan kelangsungan bisnis di tengah pandemi lewat pemanfaatan teknologi sekaligus berkolaborasi dengan petani lokal sekaligus  membantu pemulihan ekonomi daerah. 

Seperri dilakukan Ni Kadek Citra Ekawati pemilik brand kosmetik Bali Alus. Beraaal dari kecintaannya pada hal yang alami, menjadi terinspirasi membuat produk perawatan tubuh natural khas Bali . Usaha peembuatan kosmetik alami ini sudah ditekuni sejak tahun 2000 dan bekerjasama dengan petani lokal di Bali untuk mendapatkan bahannya.

“Sejak kecil, saya senang bereksperimen membuat produk perawatan tubuh  berbahan alami. Hal ini mendorong saya menciptakan produk kecantikan ramah lingkungan sekaligus melestarikan warisan leluhur,” ungkap Kadek Citra beberapa waktu lalu. 

.

Lewat Bali Alus, Kadek memperkenalkan produk perawatan tubuh natural, racikan berbagai tanaman rempah yang berkhasiat, antara lain essential oil, scrub atau lulur, body mist dan lain-lain.

 Menghadapi pandemi, Kadek berinovasi dengan membuat produk kesehatan seperti hand sanitizer dan hand wash untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Kadek Citra juga terus memanfaatkan platform digital seperti toko online yang sedang menjamur, untuk mempertahankan bisnis khususnya di tengah pandemi. 

“80% penjualan Bali Alus berasal dari Toko online besar. Saat ini, hampir 3.000 produk telah terjual secara online,” tambahnya.

Melalui Bali Alus, Kadek turut memberdayakan petani lokal hingga masyarakat sekitar, terutama ibu rumah tangga. “Kini ia mempekerjakan sekitar 100 karyawan yang membantu produksi hingga pengemasan dengan bahan dari petani lokal.

Produsen lainnya, yakni usaha yang dimulai oleh Nadia Bintoro pada 2015 ini berangkat dari keinginan untuk membuat produk natural berkelanjutan sekaligus terjangkau. Komitmen ini mendorong Nadia belajar secara autodidak cara meramu produk perawatan tubuh dari bahan alami diberi nama Embun Natural sebgai brand produk kecantikannya.

Embun Natural menawarkan berbagai produk perawatan wajah dan rambut, peralatan mandi, essential oil, pengharum badan dan berbagai produk spa. 

“Semua produk Embun Natural terbuat dari bahan alami Indonesia,” ungkap Nadia.

Selama ini, Nadia memasarkan produk Embun Natural melalui beberapa toko dan hotel di Bali dan Yogyakarta, namun kondisi pandemi menyebabkan berkurangnya kunjungan wisatawan sehingga seluruh produk Embun Natural yang dipasarkan secara offline terpaksa dikembalikan. 

“Omzet penjualan offline menurun drastis hingga 50% karena pandemi. Keadaan ini mendorong kami untuk beradaptasi dengan memproduksi hand sanitizer. Embun Natural mengandalkan penjualan online demi memastikan usaha tetap berjalan sekaligus mempertahankan karyawan,” ujar Nadia. (jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here